Sambut Erlangga Talent Week 2019 yang Lebih Seru #INIBAKATSAYA

PDFPrintE-mail

Opening Ceremony Erlangga Talent Week 2018 (25/10/2018)

JAKARTA— Usai sudah pergelaran akbar Erlangga Talent Week 2018 yang berlangsung selama 3 (tiga) hari di Mall Kuningan City. Event yang bertajuk Ini Bakat Saya (This is My Talent) ini purna menggelar 37 mata acara yang terbagi di tiga panggung. Lantunan nada merdu dari pemusik milenial Teddy Adhitya dan Payung Teduh menjadi sajian pamungkas event yang digelar sejak 25 Oktober 2018.

Event yang merupakan kolaborasi apik antara Penerbit Erlangga dan rumah seni 2Madison Gallery berhasil menjadi magnet bagi para generasi muda dalam mengasah bakatnya. Tercatat lebih dari 3.500 peserta dari berbagai daerah berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di berbagai lomba.

Dari sekian banyak lomba, yang paling banyak menyedot peserta dan perhatian adalah Erlangga English Speech Contest. Lomba ini diikuti hampir 2.500 peserta jenjang SD, SMP, SM,A dan SMK dari seluruh Pulau Jawa yang terbagi atas beberapa fase sejak bulan September 2018, yaitu fase penyisihan, semi final dan grand final. Juri pada babak grand final hampir seluruhnya adalah native speaker yang menjadi pengajar di berbagai lembaga bahasa terkemuka, yaitu Matt Medendorp, Charles W. Young, Tessa Frenche, dan Candy Hernandez. Tampil sebagai juara adalah Anaiah Love Siallagan (SDK Yahya Bandung), Tabitha Anya (SMP BPK Penabur Bogor), M. Ditya Satrianto (SMA N 11 Surabaya), dan Parahita (SMKN 3 Kasihan, Bantul).

Lomba lainnya yang juga menarik perhatian adalah Erlangga Talent Show. Dalam lomba ini peserta menunjukkan bakatnya dalam menyanyi, menari, membaca puisi, dan bermain musik. Konsistensi dan persistensi tiap peserta diuji sehingga dapat menghasilkan penampilan terbaik. Juri yang menilaipun terbagi atas juri tari (Batavia Dancer), juri menyanyi (Puwacaraka Music), dan juri musik/band spesial, Aziz Kariko (bassist Payung Teduh).

Selain itu, penonton juga dihibur dengan tampilnya duta baca muda nasional dalam lomba Read a Story. Dalam lomba ini, peserta lomba menceritakan buku yang dibacanya kepada anak-anak dan hadirin dalam berbagai cara sehingga memunculkan dinamika ekspresi dari para penonton.

Tidak hanya lomba, acara talkshow juga berlangsung dengan semarak. Pelatih tim nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri tampil memukau dengan memberikan tips dan trik melatih anak bermain sepak bola. Sharing session remaja hebat menghadirkan peraih medali emas Asian Para Games, Laura Aurelia Dinda juga berhasil memotivasi remaja agar tidak berhenti berkarya di tengah kesulitan dan keterbatasan yang dihadapi.

Pergelaran musik yang dihadirkan pun tidak kalah mentereng. Selain Teddy Adhitya dan Payung Teduh, grup band beraliran folk, Stars and Rabbit menghipnotis para penggemarnya dengan lagu-lagu unggulannya. Band ini kerap kali menghadirkan kesan etnik bahkan nyeleneh. Sang vokalis, Elda Suryani, selalu tampil barefoot alias nyeker (tidak beralas kaki).

Tampilnya berbagai acara yang menghadirkan banyak peserta di event Erlangga Talent Week juga menciptakan peluang bisnis yang cukup prospektif. Beberapa sponsor yang berpameran di event ini bahkan akan terus mengikuti penyelenggaraan event ini selanjutnya.

Melihat animo para anak muda Indonesia yang luar biasa terhadap event ini, Rizal Pahlevi selaku Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga menyatakan bahwa Erlangga Talent Week akan menjadi agenda tetap tahunan yang akan diperluas cakupan wilayahnya. Jika pada tahun 2018 ini beberapa mata lomba seperti Erlangga English Speech Contest hanya mencakup regional Pulau Jawa, pada tahun 2018 akan diperluas hingga ke seluruh Indonesia. Perluasan cakupan wilayah lomba ini akan dibarengi dengan gencarnya promosi acara melalui berbagai saluran komunikasi.

Dengan demikian, di tahun 2019 kita akan menyaksikan Erlangga Talent Week di berbagai kota. Ada Erlangga Talent Week Medan, Erlangga Talent Week Surabaya, Erlangga Talent Week Makassar, dan seterusnya, dengan puncak pelaksanaan tetap di Jakarta. Untuk memaksimalkan gaung Erlangga Talent Week di berbagai daerah, Penerbit Erlangga akan menggalakkan kampanye Road to Erlangga Talent Week 2019 di seluruh Indonesia. Tagline atau tajuk event tidak mengalami perubahan, tetap #inibakatsaya atau #thisismytalent.

Pelaksanaan Erlangga Talent Week di berbagai daerah tentunya akan semakin memperbesar terjaringnya peserta yang berdampak semakin sengitnya persaingan menjadi yang terbaik, Selain itu, daerah akan turut menikmati manfaat berbagai acara yang ada, baik secara finansial maupun nonfinansial.

Berkaca pada penyelenggaraan event tahun ini, selain acara lomba, pada tahun 2019 acaraacara dalam Erlangga Talent Week akan lebih mengedepankan format coaching clinic yang lebih menjalin interaksi antara narasumber dan peserta. Peserta tidak sekedar diajak tahu, melainkan juga bisa melakukan sesuatu. Pada pelaksanaan puncak Erlangga Talent Week di Jakarta, panitia acara berencana menghadirkan para wirausahawan muda daerah untuk turut memamerkan hasil usaha dan kreasinya sehingga bisa ikut bersaing dan memperoleh input positif dari sesamanya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai event Erlangga Talent Week 2019, silakan follow Instagram @erlanggatalentweek dan @bukuerlangga, klik website www.erlangga.co.id, atau hubungi perwakilan Penerbit Erlangga yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Most Read Articles

Acara dan Promo


esis emir