PDFPrintE-mail

PELUNCURAN BUKU MONTESSORI DI RUMAH:

55 KEGIATAN KETERAMPILAN HIDUP


28 Oktober 2017. Siapa bilang belajar Matematika itu sulit? Dengan semangat tersebut dan dalam rangka peluncuran dua buku dari seri Montessori di Rumah, Esensi, imprint dari PT. Penerbit Erlangga, menyelenggarakan event Parenting Day. Bertempat di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang, buku Montessori di Rumah: 55 Kegiatan Matematika dan Montessori di Rumah: Aktivitas Kegiatan Matematika, karya Elvina Lim Kusumo, secara resmi diluncurkan. Acara ini diikuti oleh para orang tua dan pendidik dari berbagai daerah seputar Jakarta, bahkan dari luar kota, yang tentunya sangat peduli pada tumbuh kembang buah hati mereka. Dimeriahkan oleh berbagai macam talkshow, kompetisi, game-game seru, aktivitas untuk anak, dan free playground, Esensi selaku penyelenggara ingin memberikan edukasi kepada orang tua selama satu hari penuh, sembari tetap menemani buah hati tercinta.

Peluncuran bukunya sendiri, yang merupakan inti dari keseluruhan acara, akan dilakukan dengan penyerahan edisi khusus hardcover buku Montessori di Rumah: 55 Kegiatan Matematika dan Montessori di Rumah: Aktivitas Kegiatan Matematika kepada kedua orang tua Elvina Lim Kusumo, Hermawan Lim dan Nansih Lim, serta suami dan putra tercinta, Andy Kusumo dan Caleb Kusumo. Kemudian akan dilanjutkan dengan penandatanganan giant cover buku Montessori di Rumah: 55 Kegiatan Keterampilan Matematika.

Buku ini sendiri merupakan kumpulan kegiatan edukatif belajar matematika bermetode Montessori yang dilakukan Elvina bersama putranya, Caleb, yang dapat diterapkan sendiri oleh para orang tua di rumah, caregiver ataupun pendidik. Buku ini disertai penjelasan singkat mengenai seluk-beluk pengenalan konsep belajar matematika melalui metode Montessori dan fungsinya bagi perkembangan anak, penjelasan mengenai kelebihan berbagai kegiatan Montessori bagi anak dan juga orang tua, tips dan trik dalam mendampingi anak ketika melakukan kegiatan permainan, serta berbagai panduan dalam mempersiapkan sarana dan alat untuk melakukan kegiatan Montessori di rumah bersama anak. Elvina berharap bahwa buku ini akan mempermudah setiap orang tua dalam memperkenalkan anak pada matematika sekaligus memberikan kegiatan edukatif pada mereka.

“To instill a love of Math. Math is everywhere, Math is part of our life. Let’s make Math alive!”

Itulah salah satu kutipan yang dikatakan oleh Elvina Lim Kusumo mengenai besarnya peran Matematika dalam kehiduan manusia dan pentingnya memahami Matematika dengan baik. Pengalamannya dan pendidikan yang didapatnya mengenai peran kegiatan bermetode Montessori bagi anak mengukuhkan tekadnya untuk berbagai informasi lewat buku ini agar proses memperkenalkan dan belajar Matematika dapat berjalan dengan menyenangkan.

Acara peluncuran buku ini akan digelar sejak pukul 11.00 WIB dan disponsori oleh berbagai partner antara lain Dettol, Seraphina Educational Corner, Gelora Aksara Pratama, dll.



Rangkaian Acara

Straw Rocket

11.00-17.00

Ini merupakan kegiatan untuk anak yang dilaksanakan di area playground dan dibagi menjadi empat sesi dengan masing-masing sesi terdiri dari 30 anak. Dalam kegiatan ini, anak-anak akan membuat straw rocket secara individual, lalu akan mencoba untuk meluncurkan roketnya menggunakan “air pressure” dengankekuatan yang berbeda. Anak-anak akan belajar tentang kekuatan tekanan udara dan jarak.

Talkshow Gizi dan Kecerdasan Anak Usia Dini

11.00-12.00

Dalam Talkshow yang diselenggarakan dengan dukungan Morinaga ini akan membahas mengenai pengaruh asupan gizi dan kecerdasan anak usia dini. Ada tiga aspek yang akan dibahas dalam talkshow ini, yaitu kecerdasan IQ, dan EQ.

Talkshow Kesehatan Gigi Anak Usia Dini

12.00-12.30

Dalam Talkshow ini akan dibahas mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi anak, cara menjaga kesehatan gigi anak dan dampak serta masalah yang dapat timbul bila kesehatan gigi tidak dijaga dengan baik.

Puppet show

12.30-13.00

Talkshow Tumbuh Kembang Anak

13.00-14.00

Dalam Talkshow yang diselenggarakan dengan dukungan Dettol ini akan dibahas mengenai tumbuh kembang anak usia dini bersama Dr. dr. Hartono Gunardi. Ada tiga aspek yang akan dibahas dalam talkshow ini, yaitu pertumbuhan fisik, IQ, dan EQ. Di dalam sesi ini penonton juga akan diperkenalkan dengan games-games Matematika ala Montessori yang dapat membuat kegiatan belajar Matematika menjadi menyenangkan.

Talkshow Belajar Matematika bersama Montessori di Rumah 14.00-16.00

Dalam Talkshow ini akan khusus dibahas mengenai pengalaman dan pengetahuan Elvina Lim Kusumo, dalam penerapan montessori di rumah untuk mempelajari dan memperkenalkan matematika pada putra tercinta dalam keseharian mereka. Talkshow ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada para orang tua tentang bagaimana menerapkan montessori di rumah untuk memperkenalkan dan mempelajari menurut pengalaman mbak Vina. Suka dukanya dan dampak positif yang dirasakan.

Tentunya ditambah tips dan trik yang bisa membantu para orang tua dalam menerapkannya. Talkshow ini akan dimoderatori oleh Fikri Somyadewi dari Penerbit Esensi. Acara talkshow ini akan dilanjutkan dengan seremonial launching buku dan book signing oleh Elvina Lim Kusumo.

Sulap Matematika

17.00-17.30

Games Sponsor

17.30-18.00

Bubble show

18.00-18.30

Menghadirkan atraksi-atraksi seru dan menarik, seperti gelembung sabun dengan berbagai bentuk. Ada juga gelembung-gelembung balon yang membuat semakin seru.



Tentang Esensi

Esensi merupakan salah satu imprint PT Penerbit Erlangga. PT Penerbit Erlangga telah berdiri sejak 30 April 1952. Awalnya, Erlangga Group hanya menerbitkan buku-buku pelajaran. Namun, sejak sepuluh tahun yang lalu, Erlangga Group mulai melakukan pengembangan usaha dengan menerbitkan judul-judul populer. Esensi adalah salah satunya. Esensi menerbitkan buku-buku populer di bidang parenting, masakan, motivasi, bisnis dan manajemen, serta referensi pendidik dan siswa. Penting bagi kami, meskipun produk-produk yang dihasilkan tetap bergenre populer tapi harus memberikan nilai-nilai edukasi bagi pembacanya.

Tentang Elvina Lim Kusumo

Lulusan Purdue University, Amerika serikat, dan North American Montessori ini merupakan pendiri IMC (IndonesiaMontessori.Com). Tujuan awalnya mendirikan IMC dan berbagi berbagai kegiatan edukatif yang dilakukannya bersama Caleb di rumah adalah untuk mendorong dan mendukung setiap orang tua, khususnya ibu, di seluruh Indonesia untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang edukatif bersama anak mereka di rumah. Elvina menyadari bahwa akses terhadap pendidikan tidak selalu mudah didapat. Dengan website dan lomunitas forum IMC yang dibuatnya dan buku Montessori di rumah yang baru diterbitkan, Elvina berharap dapat menjangkau seluruh orang tua dari Sabang sampai Merauke dan dapat mempermudah orang tua dalam mendidik buah hatinya. Sampai saat ini pun, IMC readers tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Most Read Articles

esis emir