PDFPrintE-mail


Peluncuran Buku Kelas Skenario



Jakarta, 21 Februari 2018 Wahana Kreator Nusantara bersama Esensi, Imprint dari Penerbit Erlangga menerbitkan sebuah buku penulisan skenario: Kelas Skenario yang ditandai dengan peluncuran dan diskusi publik bertajuk “Peran Penting Penulis dalam Industri Perfilman Indonesia dalam Gerak Strategi Budaya Nasionaldi Galeri Indonesia Kaya, Jakarta (21/2).

Peluncuran buku dan penyelenggaraan diskusi publik tersebut juga turut dihadiri oleh Triawan Munaf (Kepala BEKRAF), Maman Wijaya (Kepala Pusbang Film), Abduh Aziz (Direktur Utama Perum Produksi Film Negara) dan Maudy Koesnaedi (Aktris Indonesia).

Buku yang ditulis oleh Salman Aristo dan Arief Ash Shiddiq ini merupakan buku yang ditulis dari pengalaman penulisan secara baik dan pengembangan skenario film Indonesia oleh Wahana Kreator Nusantara, diantaranya: Laskar Pelangi, Garuda di Dadaku, Habibie & Ainun, Posesif, hingga karya yang akan datang: Keluarga Cemara.

Materi dalam buku ini juga telah diterapkan dan terus menerus disempurnakan dalam kegiatan pelatihan penulisan skenario yang diadakan sejak tahun 2009 dalam payung PlotPoint Kreatif workshop. Buku ini secara sistematis membahas dari pengembangan ide menjadi cerita, perwujudan karakter, serta penyusunan plot dengan metode delapan sekuen hingga menjadi skenario.

Dalam penulisan buku ini, Salman Aristo ⎼ penulis skenario box office Indonesia, pemenang Penulis Skenario Adaptasi Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2016 – yang merupakan pendiri sekaligus direktur utama WAHANA KREATOR NUSANTARA dan ketua asosiasi PILAR (Penulis Indonesia untuk Layar Lebar) periode 2018-2020, bekerja sama dengan Arief Ash Shiddiq, seorang story editor yang juga terlibat dalam berbagai film box office Indonesia. Bagi Aris, sebutan akrab Salman Aristo, Arief mempunyai kepedulian yang sama dengannya terhadap sebuah cerita yang baik.


Menurut Aris, “Bukan hal yang mudah untuk menemukan formula penulisan skenario yang mudah dimengerti, diajarkan, dan efektif dipraktikkan oleh pemula. Karena itulah, buku Kelas Skenario ini lahir dari pengembangan workshop penulisan PlotPoint Kreatif dan pengalaman menulis skenario sejak tahun 2005.”

Aris dan Arief pun sepakat bahwa buku Kelas Skenario ini ditulis dengan tujuan menyebarkan ilmu penulisan skenario seluas-luasnya, lebih banyak lagi penulis skenario film Indonesia. Komitmen mereka dalam menyebarkan ilmu penulisan

Skenario pun mendapat perhatian Esensi, Imprint dari penerbit Erlangga. Sebuah penerbit berintegritas yang peduli dan dekat dengan dunia pendidikan.

Penerbit Esensi, yang diwakili oleh Fikri Somyadewi selaku Brand Development Manager Esensi, menyatakan, “buku ini bukan saja sebuah media untuk memajukan industri kreatif, khususnya perfilman Indonesia, tetapi juga sebuah bacaan bermutu yang layak dibaca oleh seluruh generasi muda. Dalam kekritisan pola pikir generasi muda, sudah sepatutnya tersedia semakin banyak bahan bacaan yang edukatif dan bisa mendorong mereka ke hal-hal yang positif.”

Mengomentari peluncuran buku Kelas Skenario ini, Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, menyatakan, “buku ini merupakan angin yang sangat segar bagi kalangan perfilman dalam usaha melahirkan penulis-penulis skenario yang baik. Sebab ilmu penulisan skenario merupakan urgensi kebutuhan pada ekosistem industri dan seharusnya dapat dibuat menjangkau lebih banyak calon penulis di seluruh tanah air”. Karena itu, penerbitan Kelas Skenario merupakan sebuah strategi yang siap didukung oleh BEKRAF.



Pada kesempatan yang sama, M. Abduh Aziz, Direktur Utama Perum Produksi Film Negara mengatakan, “penerbitan Kelas Skenario adalah sebuah upaya konkret untuk mendistribusikan pengetahuan dan stimulasi kepada para calon penulis skenario Indonesia di masa depan agar “krisis” langkanya penulis skenario yang baik dapat diatasi secara bertahap.”

Dengan ditandainya peluncuran buku Kelas Skenario ini, Wahana Kreator Nusantara berkomitmen untuk terus dapat melakukan sinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengembangkan ekosistem industri kreatif di Indonesia.


Tentang WAHANA KREATOR NUSANTARA

Wahana Kreator Nusantara adalah perusahaan berbasis riset dan pengembangan cerita yang menghasilkan pencipta dan konten berkualitas tinggi. Unit usaha kami terdiri dari Wahana Edukasi (d/h PlotPoint Kreatif) yang memiliki fokus pada pengembangan pendidikan untuk regenerasi kreator konten Indonesia, Wahana Penulis yang meneliti kebutuhan dan mengembangkan cerita menarik tepat sasaran khalayak, serta Wahana Dimensi yang menghadirkan tim produksi terampil dan profesional untuk mengembangkan cerita menjadi konten audio visual.

Melalui workshop dan seminar yang diadakan PlotPoint Kreatif sejak 2009, kami telah menghasilkan sebanyak lebih dari 1500 alumni yang kini tersebar dalam berbagai bidang industri kreatif. Selain itu, PlotPoint Kreatif juga melakukan penerbitan buku yang berfokus ke pembaca muda. Beberapa diantaranya telah beralih wahana ke bentuk lain, seperti: RUDY: Kisah Masa Muda Sang Visioner – sebuah biografi masa muda Presiden Ketiga Indonesia B.J. Habibie, CHAIRIL – sebuah biografi penyair Chairil Anwar, dan novel Raksasa dari Jogja.

Sejak tahun 2010, melalui Wahana Penulis, kami menjadi tim pengembang cerita dan menulis skenario karya-karya audio visual yang turut memberikan sumbangsih besar dalam industri kreatif baik nasional dan internasional. Karya-karya kami antara lain Habibie & Ainun (Film, MD Pictures, 2012), Mencari Hilal (2012), Hangout (2017), dan Posesif (Film, Palari Films, 2017).

Dengan bergabungnya dua entitas tersebut menjadi satu di 2017, Wahana Kreator Nusantara berharap dapat lebih solid untuk memberikan warna baru bagi industri kreatif di Indonesia yang siap untuk berkolaborasi dengan beragam kreator demi menghasilkan konten yang berkualitas di nusantara.

Informasi lengkap mengenai Wahana Kreator Nusantara bisa disimak pada situs kami: wahanakreator.com

KONTAK MEDIA

External Communication Wahana Kreator Nusantara

Sigit Purwa Septiadi

Phone   : +6819059 02052

Email    : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it


Tentang Esensi

Esensi merupakan salah satu imprint PT Penerbit Erlangga. PT Penerbit Erlangga telah berdiri sejak 30 April 1952. Awalnya, Erlangga Group hanya menerbitkan buku-buku pelajaran. Namun, sejak sepuluh tahun yang lalu, Erlangga Group mulai melakukan pengembangan usaha dengan menerbitkan judul-judul populer. Esensi adalah salah satunya. Esensi menerbitkan buku-buku populer di bidang parenting, masakan, motivasi, bisnis dan manajemen, serta referensi pendidik dan siswa. Penting bagi kami, meskipun produk-produk yang dihasilkan tetap bergenre populer tapi harus memberikan nilai-nilai edukasi bagi pembacanya.


Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Atika Permata, Media Relations

Jalan H. Baping Raya No. 100Jakarta, 1374

HP: 081281098402

e-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , www.esensi.co.id, www.erlangga.co.id

Most Read Articles

esis emir