Solidaritas Erlangga "Clean Up Jakarta Day" Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

PDFPrintE-mail

Clean Up Jakarta Day 2014 telah dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Oktober 2014 dengan lebih dari 5000 orang yang tersebar di 27 lokasi di seluruh kawasan Jakarta. Dalam acara yang di prakasai oleh Indonesia Expat, teman - teman yang tergabung dalam relawan “Solidaritas Erlangga” melakukan aksinya di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Tercatat sebanyak 26 Orang yang terdiri dari team HRD Pusat, Umum GAP, Umum Erlangga, Gudang Jakarta dan Gudang Pusat ikut serta berpartisipasi dalam acara tahunan ini.

Perlu kita diketahui, kota Jakarta memproduksi 6.000 ton sampah setiap hari, sebagian besar sampah-sampah ini berujung di tepi jalanan, sungai Ciliwung dan akhirnya di laut. Tumpukan sampah dalam dua hari di kota Jakarta bagaikan sebuah Candi Borobudur. Aksi ‘bersih-bersih’ bergotong royong seperti acara ‘’Clean Up Jakarta Day” ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kebersihan kota adalah merupakan tanggung jawab kita semua.

HRD dengan gerakan Solidaritas Erlangga ‘’SOGA” akan terus berupaya melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk  memberikan solusi mengenai permasalah sampah dan juga membangun kesadaran masyarakat perihal penanganan sampah di lingkungannya.  Dalam hal ini masyarakat pun bisa lebih menyadari dan memaknai betapa merugikannya bila kita membuang sampah sembarangan dan menanamkan kepekaan terhadap pentingnya proses daur ulang sampah.

Hal negatif yang ditimbulkan apabila terjadi penumpukan sampah  diantaranya :

  1. Kesehatan menurun karena bakteri penyebaran  penyakit – penyakit.
  2. Penyumbatan saluran air sehingga menimbulkan banjir.
  3. Kerusakan pemandangan keindahan tata kota.
  4. Sosial ekonomi masyarakat.

Adapun langkah mudah dalam mengatasi permasalahan sampah adalah membuang sampah pada tempatnya dan melakukan prinsip 3R :

  1. Reduce (mengurangi) minimalisasi barang atau material yang digunakan.
  2. Reuse (memakai kembali) gunakan barang yang masih bisa dipakai.
  3. Recycle (mendaur ulang) sebisa mungkin barang-barang yang tidak berguna didaur ulang kembali untuk bisa digunakan.

Mari kita ciptakan lingkungan yang bersih, hijau, indah, nyaman dan bebas dari sampah untuk sekarang dan juga untuk masa depan.

Most Read Articles

esis emir