Active and Creating Learning and Teaching

PDFPrintE-mail

ESIS baru saja melaksanakan suatu kegiatan Pelatihan Bahasa Inggris Paket 1 (Tahap 1) yang merupakan rangkaian pelatihan yang akan dilaksanakan selama 3 tahap. Pelaksanaan pelatihan tersebut merupakan sebuah bentuk kepedulian ESIS untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru-guru Sekolah Dasar untuk mengajar Bahasa Inggris di sekolah.















Tema yang diambil dalam Pelatihan Bahasa Inggris Paket 1 ini adalah “Active and Creating Learning and Teaching”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 30 Agustus 2008
Waktu: 08.00 – 16.30 WIB
Tempat: Erlangga Learning Centre, Jl. Adiyaksa No. R-12, Komp. Lebak Lestari, Lebak Bulus


TRAINER
Trainer yang digunakan dalam pelatihan tersebut merupakan penulis buku Bahasa Inggris ESIS – SMILE , yaitu:
1.Ratna Setyowati Putri - Guru di SD Pelita Harapan, Trainer dan Penulis
2.Fidelia ratri Yojani – Guru di SD Pelita Harapan, Trainer dan Penulis

PESERTA
Peserta yang hadir dalam pelatihan tersebut adalah guru-guru Bahasa Inggris SD se-Jabodetabek yang berjumlah 30 orang guru. Guru-guru yang diundang dan hadir dalam pelatihan tersebut adalah guru-guru yang menggunakan SMILE dan Let’s Make Friends sebagai buku pegangan disekolah.

BENTUK KEGIATAN
Pelaksanaan pelatihan tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB, yang dimulai dengan registrasi dari peserta pelatihan. Pelatihan dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diwali dengan presentasi dari kedua orang trainer. Dalam pelatihan tersebut diajarkan bagaimana cara membuat kreativitas dalam pengajaran Bahasa Inggris di sekolah.

Dalam pelatihan tersebut juga distimulasi kreativitas guru dalam membuat metode-metode mengajar Bahasa Inggris yang menarik terutama bagi siswa SD. Peserta pelatihan tersebut dibagi dalam beberapa kelompok, yang diberi tugas yang berbeda-beda dalam setiap kelompoknya. Pelatihan tersebut dibagi dalam 3 sesi pelatihan, dimana dalam setiap sesi terdapat kegiatan kelompok dan tugas yang berbeda-beda. Dalam pelatihan ini diajarkan kegiatan-kegiatan yang memungkinkan untuk dapat menarik minat siswa dalam belajar Bahasa Inggris.

Dalam pelatihan tersebut menggunakan seluruh ruangan yang berada di Erlangga Learning Centre dan setiap ruangan terdiri dari beberapa tugas yang berbeda-beda. Peserta dari pelatihan tersebut juga sangat antusias dengan trainer yang sangat atraktif dalam mengajarkan metode-metode pembelajaran dalam Bahasa Inggris di sekolah. Diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut dapat memberikan hasil yang positif bagi guru dan ESIS. (MT)

Most Read Articles