PDFPrintE-mail

Atmosfer


Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi dengan ketinggian yang tidak terdefinisi. Atmosfer memiliki peran yang sangat penting bagi kelestarian bumi karena atmosfer dapat melindungi bumi dari hantaman meteor dan radiasi sinar matahari. Kegiatan manusia dapat berpengaruh terhadap kondisi suhu dan pencemaran udara. Kondisi atmosfer yang menjadi keprihatinan saat ini adalah terjadinya kenaikan suhu atmosfer dan bumi itu sendiri yang disebut dengan pemanasan global (global warming).

Menurut sebagian ilmuwan, pemanasan global disebabkan oleh meningkatnya jumlah gas karbon dioksida (CO2) di atmosfer akibat pembakaran batu bara, minyak bumi, gas, dan

kebakaran hutan. Gas CO2 bersifat sebagai gas rumah kaca. Artinya, gas CO2 dapat melewatkan cahaya matahari ke bumi dan oleh bumi, sinarsinar tersebut dipantulkan kembali ke luar angkasa. Tetapi, sinar-sinar gelombang panjang seperti sinar inframerah yang memiliki efek panas terbesar, dipantulkan oleh gas rumah kaca kembali ke bumi. Inilah yang menyebabkan suhu bumi semakin meningkat. Naiknya suhu bumi dapat berakibat buruk bagi bumi, antara lain:

  1. Mencairnya es di kutub bumi menyebabkan naiknya permukaan laut yang dapat mengancam masyarakat yang tinggal di daerah pantai.
  2. Meningkatnya kecepatan dan frekuensi angina sehingga menyebabkan sering timbulnya badai dan puting beliung di Indonesia.
  3. Meningkatnya tinggi gelombang laut sehingga mengancam ekosistem pantai dan terjadinya abrasi pantai.
  4. Cuaca yang sangat ekstrem sehingga dapat berakibat banjir, tanah longsor, dan gagal panen bagi petani.
  5. Punahnya satwa-satwa tertentu yang dapat berakibat terganggunya keseimbangan ekosistem.
  6. Meningkatnya perkembangan hama tanaman sehingga menyebabkan gagal panen.
  7. Meningkatnya jumlah penyakit akibat virus.


Sumber: SPM Plus Sukses Menghadapi UN SMP/Mts 2012

Penulis: Bambang K. Kartono, dkk.

Most Read Articles

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09


esis emir