Ada apa di Bumi - Bioma?

PDFPrintE-mail

ADA APA DI TUNDRA?
Cahaya warna-warni yang indah memenuhi langit tundra pada musim dingin. Kenampakan alam ini disebut “Aurora Borealis” atau “Cahaya Utara”. Aurora Borealis hanya berlangsung beberapa menit dan kemudian lenyap. Di masa lalu, cahaya ini menimbulkan mitos tentang dewa dan monster. “Aurora” adalah Dewi fajar Romawi dan “Borealis” adalah Dewa angin utara Yunani.

ADA APA DI HUTAN HUJAN?

Banyak spesies serangga unik yang hidup di hutan hujan. Salah satunya adalah kutu burung kolibri. Serangga ini berukuran sangat kecil sehingga sulit dilihat. Panjangnya hanya setengah milimeter. Saking kecilnya, serangga ini dapat berpindah dari satu bunga ke bunga lain dengan menumpang di lubang hidung burung kolibri.

ADA APA DI PADANG RUMPUT?
Hewan unik yang bernama anjing prairie hidup di padang rumput di Amerika Utara. Hewan ini bukanlah anjing, melainkan termasuk keluarga tikus. Seperti tikus, gigi hewan ini tetap bisa tumbuh meski sering tanggal akibat mengunyah. Anjing prairie hidup berkelompok dan membangun sarang di bawah tanah. Sarang-sarang mereka saling berhubungan dan dinamakan kota.

ADA APA DI RAWA?

Rawa adalah tanah yang basah selama beberapa waktu atau sepanjang tahun. Rawa dapat terbentuk jika hujan turun terus menerus dan airnya tidak dapat mengalir ke mana-mana. Ternyata, rawa juga dapat berada di tengah gurun, seperti rawa di Afrika. Rawa ini satu-satunya daerah berair di gurun yang dapat dihuni oleh tumbuhan dan hewan. Sitatunga, angsa pigmi Afrika, jacana Afrika, kura-kura leopard, katak garis hitam, dan beragam hewan unik lain menghuni rawa ini. 

ADA APA DI GURUN?
Gurun kaya akan berbagai mineral, seperti garam; logam mulia, seperti emas dan perak; serta batuan berharga, seperti garnet, safir, berlian, amethyst, zamrud, topaz, dan opal. Garam alami yang disebut gipsum dan borat diproses serta digunakan untuk bahan bangunan, gelas, dan tembikar. Garam alami ini juga digunakan oleh produsen obat-obatan. Opal paling banyak ditambang di Australia. Batuan ini terbentuk 15 sampai 30 juta tahun yang lalu.
Most Read Articles

Acara Akan Datang


esis emir