Berita dan Acara

KTSP Menuju Kurikulum "Less Is More"

PDFPrintE-mail

Written by St Kartono - Guru SMA Kolese De Britto Yogyakarta.
"Aku pikir mereka akan berbicara tentang semangat baru sebuah kurikulum dan berbagai pendekatan kepada siswa. Ternyata, yang namanya sosialisasi kurikulum baru oleh para pengawas dari Dinas Pendidikan hanyalah bicara hal-hal administratif belaka." Itulah ungkapan kekecewaan sebagian guru sebuah SMA di Yogyakarta, ketika usai mengikuti sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Pertanyaan saya, benarkah pembaruan kurikulum hanya sebatas perubahan administratif?
Mestinya, sebuah kurikulum baru menghadirkan refleksi yang positif pada praksisnya.

Akan tetapi, perlu disadari bahwa kurikulum bukanlah satu-satunya unsur yang penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Masih ada buku pelajaran, pengelolaan persekolahan, administrasi, biaya, guru, peranan orangtua, dan siswa sendiri.

Pengalaman di lapangan menunjukkan bahwa selalu terjadi kesenjangan antara kurikulum yang direncanakan atau diidealkan dengan pelaksanaannya di lapangan. Kritik terhadap kesenjangan implementasi kurikulum di lapangan lebih banyak ditujukan kepada guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22/2006 tentang Standar Isi Pendidikan dan Permendiknas No 23/2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan, mengantar kemunculan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006. Setiap satuan pendidikan dasar dan menengah diberikan peluang mengembangkan dan menetapkan KTSP.

Keleluasaan dan kebebasan itu memang belum sepenuhnya mewarnai peluncuran KTSP, karena masih menyisakan sebuah paradoksal, yakni keharusan menempuh ujian nasional. Meski dihadang ujian nasional, toh ada semangat pembaruan terhadap kurikulum sebelumnya.

Kurikulum pendidikan dasar dan menengah yang berlangsung selama ini dinilai sebagian kalangan sebagai overloaded dan para siswa dibawa untuk "tahu sedikit tentang hal yang banyak". Secara sentralistis, muatan pelajaran dan jam pelajaran ditentukan seragam untuk seluruh negara. Sebagai guru, saya menilai KTSP akan mendorong upaya kontekstualisasi pendidikan. Sekolah tak dilarang mengembangkan kurikulum sendiri.

Kecenderungan KTSP mengarah pada kurikulum pendidikan yang menekankan less is more, yaitu jumlah bahan mengajar dikurangi supaya siswa dapat meneliti secara mendalam. Pengurangan jumlah bahan pelajaran dilakukan agar siswa mempunyai banyak waktu luang untuk lebih mendalami bahan itu (Suparno, dkk, 2002). Siswa tak diburu waktu, tetapi mempunyai kesempatan untuk berpikir kritis dan berefleksi.

Model kurikulum less is more adalah menghilangkan substansi pelajaran yang berulang-ulang; menghilangkan pokok bahasan yang tak esensial yaitu pokok bahasan yang sekadar "kosmetik"; menawarkan ketuntasan belajar; menyediakan materi terapan yang dapat digunakan siswa untuk meningkatkan mutu kehidupannya; membiasakan pola berbudi pekerti, disiplin, tertib, menerapkan hak asasi manusia, kewajiban serta kepedulian sosial; menyajikan kurikulum pilihan yang sesuai dengan kemampuan sumber daya daerah.

Dalam kerangka less is more, penting ada kerja sama-sekurang- kurangnya ada komunikasi-dengan sesama guru pengampu mata pelajaran serumpun dalam satu sekolah. KTSP dapat dielaborasi oleh daerah dan/atau sekolah sesuai kondisi dan kepentingan daerah atau sekolah. Elaborasi oleh daerah atau sekolah dapat berupa silabus yang cocok dengan kondisi serta kepentingan daerah atau satuan pendidikan.

Kesiapan guru
Ketika KTSP bergulir, yang ingin saya temukan adalah semangat apa yang dihadirkannya? Kalau tidak demikian, saya pasti akan terjebak dalam arus kebiasaan sosialisasi atau seminar kurikulum baru, lantas membawa segepok dokumen ke sekolah, ujung- ujungnya sibuk dengan urusan administratif perubahan kurikulum.

Memang, guru acap kali dihadapkan pada bahasa kedinasan yang serba- harus, tanpa diperhitungkan profesionalitasnya. Hal ini bisa berdampak negatif dan menjadikan guru sekadar robot dalam pelaksanaan kurikulum, sekadar menunggu petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan.

Betapa mudah para penatar dalam sosialisasi mengatakan seharusnya begini atau seharusnya begitu, tapi setelah dikonfrontasikan dengan pelaksanaan di lapangan terbukti ada kesenjangan asumsi pengembang kurikulum pusat dengan situasi riil para pelaksana. Jadi, mendesak untuk para guru dikembangkan sikap "kekinian" terhadap kurikulum, baik mengenai pemikiran pedagogis maupun arus zaman di sekitar siswa.

Jika demikian yang terjadi, mendesak untuk disampaikan kepada para kepala sekolah dan guru di lapangan agar terus-menerus berani mencoba dan kreatif dalam mengimplementasikan KTSP. Kepala sekolah mesti mendorong para guru untuk mempertimbangkan penjabaran materi dengan mendahulukan materi yang sangat esensial.

Guru mesti memerhatikan kompetensi dasar minimum yang disyaratkan para siswanya. Penyesuaian materi secara kuantitatif memungkinkan memberi perhatian pada dimensi nilai-nilai kehidupan yang ada pada setiap pelajaran. Satu hal yang perlu dilakukan adalah kontekstualisasi materi pelajaran.

Guru diandaikan memiliki penguasaan bahan pelajaran, lebih dari sekadar materi dalam buku pelajaran. Ia perlu mengetahui karakteristik siswa-siswi sebagai orang yang belajar beserta lingkungan mereka. Karakteristik siswa dan lingkungan perlu dijadikan pertimbangan dalam menyusun proses belajar mengajar.

Sumber: Harian Kompas
Hits: 3661
Komentar (0)add comment

Tulis komentar
Anda harus login untuk menulis komentar. Silahkan mendaftar jika Anda tidak punya akun. Buat akun/Login?

busy
Terkait

Berlangganan Info Buku Erlangga

Nama:
Email:

Acara dan Promo

make up natural cara make up make up tutorial make up korea make up minimalis make up artis make up mata belajar make up make up wardah make up wisuda alat make up makeup forever indonesia makeup artist jakarta tips make up barbie make up natural make up make up wajah make up pesta make up pengantin make up syahrini makeup mata makeup minimalis peralatan make up make up cantik make up mac make up kit jual make up make up sederhana perlengkapan make up gambar make up vidio make up cara makeup minimalis wardah make up make up pac make up glamour cara memakai makeup make up panggung harga make up make up modern make up alami make up dasar pixy make up make up muslimah make up oriflame make up jepang makeover cosmetic make up ultima make up sariayu grosir make up makeup fantasi makeup pesta tas makeup langkah make up make up pria make up malam alat makeup tahapan make up produk make up shading make up mak up make up kebaya make up jilbab make up inez make up simpel contoh make up cara ber makeup makeup wajah tanpa make up make up terbaru toko make up mac makeup indonesia make up soft urutan make up trik make up makeover makeup brand gusnaldi make up paket make up panduan make up jual makeup brush make up bagus alat2 make up make up gusnaldi aplikasi make up alat alat makeup dasar make up inez make up peralatan makeup make up wanita make up berjilbab make up tebal sejarah make up make up maybeline make up branded make up siang tata cara makeup reseller make up make up muslim make up maybelin warna make up tips make up artist rias make up make up mata make up artis belajar make up make up artist kursus make up kuas make up make up forever indonesia jual make up mac indonesia make up make up artist indonesia harga make up forever jual make up online make up pac make up forever jakarta make up oriflame jual make up forever make up online shop indonesia harga make up sekolah make up grosir make up harga make up maybelline jual make up murah make up terbaru mak up mac make up indonesia sofia make up make up kit murah mac makeup indonesia produk make up jual make up kit make up store indonesia make up forever academy jakarta toko make up online jual make up set jual make up mac make up beauty jual make up branded produk make up mac make up forever harga make up mac indonesia produk make up artis jual make up palette produk make up forever make up palette murah Professional Makeup Make Up Jogja Make Up Yogyakarta Make Up Make Up Artist Yogyakarta Professional Makeup Artist Yogyakarta Indonesian Professional Makeup Artist Makeup Artist Sosialita Yogyakarta Wedding Make Up Yogyakarta Rias Pengantin Bridal Yogyakarta Yogyakarta Wedding Make Up Rias Pengantin Yogyakarta Rias Paes Ageng Yogyakarta Rias Jogja Putri Make Up Prewedding Yogyakarta Make Up Wisuda Yogyakarta Rias Wisuda Yogyakarta Make Up Pesta Yogyakarta Makeup Prom Night Yogyakarta Makeup Show Panggung Yogyakarta Make up TV Photoshoot Yogyakarta Make Up Lamaran Yogyakarta Make Up Muslimah Yogyakarta Bridal Yogyakarta Wedding Muslim Yogyakarta Rias Pengantin Muslim Yogyakarta Self Make Up Course Yogyakarta Kursus Makeup Pribadi Yogyakarta Jasa Makeup Artist Yogyakarta Perias Yogyakarta,Pakar Kecantikan Yogyakarta Indonesia Ahli Kecantikan Yogyakarta Indonesia Guru Kecantikan Yogyakarta Indonesia Trainer Kecantikan Yogyakarta Indonesia Trainer Makeup Yogyakarta Indonesia Pelatih Make Up Yogyakarta Indonesia Guru Makeup Yogyakarta Indonesia Ahli Makeup Yogyakarta Indonesia Professional Makeup Yogyakarta Indonesia Best Beautypreneur Terbaik Indonesia Makeup Artist Terbagus Yogyakarta Makeup Artist Terbaik Yogyakarta Wedding Henna Bridal Henna Make Up Class Yogyakarta Makeup Class Idul Fitri Yogyakarta Makeup Class Natal Yogyakarta Makeup Class Tahun Baru PROFESSIONAL MAKE UP ARTIST YOGYAKARTA

@BukuERLANGGA

Customer Care

021 - 8383 1000 Belanja Buku

Technical Support 1
Technical Support 2

Launcher Erlangga.co.id
http://erlangga.co.id/bb
http://erlangga.co.id/android