Mau Ke Mana Setelah Lulus SMK?

PDFPrintE-mail


Pengumuman kelulusan baru saja berlangsung. Tentu banyak di antara kita yang menjadi bersuka-cita karena telah berhasil menempuh Ujian Nasional dengan baik dan lulus. Tapi, sebaiknya jangan berlama-lama larut dalam kegembiraan. Kita perlu segera mempersiapkan langkah-langkah kita selanjutnya demi mewujudkan masa depan yang kita dambakan.

Pada masa kelulusan ini, bisa disebut para lulusan SMK memiliki lebih banyak alternatif peluang dibanding mereka yang lulus dari SMA. Ini tidak berlebihan. Para siswa SMK memang tidak hanya mendapatkan pelajaran keilmuan, tapi juga mendapatkan banyak program keahlian

Wulan Ayodya, penulis buku Mau Ke Mana Setelah SMK? memberikan sejumlah gambaran rencana masa depan yang dapat dipilih oleh mereka yang baru saja lulus SMK. Tentu saja rencana-rencana tersebut juga disertai oleh gambaran-gambaran yang dapat dijadikan acuan bagi kita dalam menentukan langkah, tanpa melupakan passion dan cita-cita kita sendiri.

Tapi sebenarnya jalan apa saja yang mungkin dapat ditempuh oleh mereka yang baru saja lulus SMK? Jawabannya: ada banyak.

Sebagaimana yang telah disebutkan, para lulusan SMK telah dibekali oleh sekolahnya berbagai bidang keterampilan. Mereka yang mengambil jurusan otomotif, tentu telah menguasai seluk-beluk dunia otomotif. Begitu juga mereka yang berasal dari SMK bidang administrasi, boga, jaringan komputer, pariwisata dan perhotelan, atau yang lainnya. Lantaran hal tersebut, tak jarang para lulusan SMK ini telah “dipesan” jauh hari sebelum lulus oleh penyedia lapangan pekerjaan untuk dapat bekerja di tempat mereka.

Sebagai lulusan SMK, dunia kerja memang menantang. Kita dapat mengaplikasikan serta mengembangkan ilmu serta keterampilan yang kita miliki. Harap diingat, dunia kerja bukanlah dunia yang perlu ditakuti. Sebagai lulusan SMK, kita berarti telah berhasil melewati uji kompetensi yang oleh para penyedia lapangan pekerjaan kerap dianggap sebagai persyaratan kompetensi minimal. Terlebih sistem pendidikan SMK telah dirancang sedemikian rupa dan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi dan uji keahlian yang juga berbasis kompetensi.

Memasuki ke dunia kerja bukan satu-satunya jalan. Bagi kalian yang lebih tertantang untuk berwirausaha, kalian juga tidak perlu merasa gentar. Sebagai seorang lulusan SMK, merintis suatu usaha juga dapat menjadi ladang mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan. Nilai lebihnya, di sini kita bahkan berpeluang untuk membuka lapangan pekerjaan.

Tapi sebaiknya jangan sekali pun berpikir bahwa pintu perguruan tinggi bukanlah pilihan menarik bagi para lulusan SMK. Demi mengasah keterampilan yang telah berhasil kita miliki di SMK, kita bisa memasuki perguruan tinggi yang memang menawarkan keahlian tingkat lanjut. Saat ini banyak perguruan tinggi yang menawarkan hal ini. Jika kalian telah mempelajari Teknik Komputer Jaringan, kalian bisa lebih memperdalam keterampilan tersebut di perguruan tinggi yang menawarkan program studi serupa. Juga untuk program-program studi lainnya. Yang istimewa, jika para lulusan SMA mungkin belum memiliki dasar-dasar program studi tersebut, sebagai lulusan SMK bisa dipastikan kalian lebih unggul karena telah memilikinya.

Apa pun pilihan rencana setelah lulus SMK, satu hal yang pasti, dasarkanlah pilihan kalian tersebut dengan passion dan minat yang kalian miliki. Karena hanya dengan demikianlah cita-cita untuk mewujudkan masa depan yang kita dambakan akan terwujud dengan cara yang paling mudah. [IHU]

Most Read Articles

esis emir