Tips Sukses Hadapi Kurikulum 2013 untuk Siswa

PDFPrintE-mail

Kurikulum 2013 menjadi acuan pembelajaran di tahun ajaran 2014/2015. Dalam kurikulum ini, Siswa dituntut untuk berpartisipasi aktif melalui kegiatan presentasi dan diskusi di kelas. Tentu tidak semua siswa memiliki keterampilan yang sama dalam mengikuti pembelajaran yang berbasis karakter ini. Akan tetapi, sesungguhnya siswa tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Ada beberapa tips yang bisa membantu siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis kurikulum 2013 ini.

  • Peduli

Sikap peduli merupakan langkah awal yang paling penting untuk menumbuhkan kesadaran bagi diri sendiri. Pasalnya, kegagalan seseorang mengikuti proses pembelajaran berawal dari sikap acuhnya.

  • Aktif Bertanya

Biasakan untuk mengajukan beberapa pertanyaan atas materi yang belum dipahami kepada guru. Hilangkan perasaan malu atau takut bertanya.

  • Membentuk Kelompok Belajar

Kelompok belajar akan membantumu memahami pelajaran. Yang perlu diperhatikan dalam membentuk kelompok belajar antara lain banyaknya anggota (3-4 orang) dan keaktifan anggota.

  • Memanfaatkan Referensi

Langkah terakhir yang harus diperhatikan adalah referensi yang mumpuni. Bila referensi yang sudah ada kurang memberikan materi yang cukup, kamu bisa mencarinya di laman internet atau melalui buku referensi lain yang banyak beredar di pasaran. Kamu bisa mengakses berbagai Buku Kurikulum 2013 terbitan PT Erlangga di sini.

Berbekal tips di atas, diharapkan kamu bisa menjadi salah satu siswa yang berhasil di kelas dan ke depannya kamu akan terbiasa untuk aktif dan kreatif. Siap dengan kurikulum 2013? SISWA SIAP ! [DS]

Most Read Articles

esis emir