Menjadi Pengajar yang Lebih Menyenangkan

PDFPrintE-mail

Semua orang bisa mengajar! Semua orang bisa memberikan ilmunya bagi orang lain, namun tidak semua orang bisa memberikan ilmunya dengan cara yang menyenangkan. Melalui artikel ini kita akan sama-sama belajar untuk lebih memaksimalkan sikap kita dalam menyajikan pengajaran yang menyenangkan untuk siswa.

1. Konsep Horizontal

Pandanglah cara mengajar Anda secara horizontal. Artinya, semua peserta didik memiliki peluang yang sama dalam mendapatkan pengajaran Anda. Jangan menitikberatkan pengajaran pada siswa yang memberikan fokus pada Anda. Lebih jauh, Anda juga harus memancing perhatian siswa lainnya.

2. Sistematika
Awali pengajaran dengan salam pembuka yang memberikan semangat dilanjutkan dengan materi ringan yang dibubuhkan interaksi hidup dua arah antara pengajar dan siswa. Akhiri pengajaran dengan latihan soal yang mungkin bisa dimodifikasi menjadi bentuk games agar lebih menarik.

3. Keluwesan
Mungkin Anda perlu mencari materi beberapa guyonan untuk mencairkan stres yang mungkin muncul dalam proses mengajar. Beberapa guyonan ini bisa Anda sematkan agar menjadi mood booster dalam suasana kelas yang Anda ampu.

4. Kunci Penting

Secara garis besar trik mengajar terangkum atas kata-kata yang tegas dan mudah dimengerti, konsep pengajaran yang menyenangkan, interaksi dua arah yang berlangsung baik, dan kemampuan pengajar menganalisis kemampuan setiap anak didiknya. Semoga bermanfaat. Beragam buku referensi mengajar bisa Anda temukan di sini. [DS]

Most Read Articles

Acara Akan Datang


esis emir