Bingung Pilih Jawaban Soal Bahasa Indonesia karena Mirip?

PDFPrintE-mail

Inilah fenomena yang banyak terjadi pada kebanyakan murid yang suatu ketika diberikan soal ujian dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berbeda dengan mata pelajaran eksak, dalam mengerjakan soal-soal Bahasa Indonesia memang butuh ketelitian dalam memahami arti dari struktur kata yang dibentuk. Agar lebih sukses dalam menjawab soal-soal tersebut, beberapa tips berikut bisa mulai Anda terapkan saat berhadapan langsung dengan soal ujian pilihan ganda Bahasa Indonesia.

1. Baca soal sebelum teks

Kebanyakan siswa akan membaca teks terlebih dahulu baru menuju soal. Ini akan membuat kamu bekerja dua kali dan menguras energi dua kali. Bacalah soal terlebih dahulu baru kaitkan soal dengan teks yang disajikan. Ini akan membuat kamu lebih efisien dalam menjawab soal.


2. Pilih soal yang lebih singkat dahulu

Saat konsentrasi masih prima, kemungkinan benar dalam menjawab soal yang mudah dan singkat akan lebih terbuka lebar. Lain halnya saat konsentrasimu sudah mulai terganggu akibat soal yang terlalu panjang. Bisa jadi, kamu malah “terpeleset” dalam menjawab soal yang mudah.

3. Perbanyak kosakata

Belajar bahasa tidak akan terlepas dari perbendaharaan kata yang kamu kuasai. Akan muncul soal-soal berkaitan persamaan kata atau arti kata yang pastinya mengandalkan kosakata yang kamu kuasai. Banyak membuka kamus menjadi cara jitu menyiasatinya.

4. Periksa ulang

Jangan lupa untuk memeriksa ulang jawabanmu untuk memastikan semua soal sudah kamu jawab dengan benar. Ini merupakan kontrol akhir untuk meminimalisasi kesalahan selama pengerjaan. Semoga berhasil!

Sumber gambar : plus.google.com

[DS]

Most Read Articles

esis emir