Menjadi Seorang Negosiator Andal

PDFPrintE-mail

Tidak semua orang memiliki bakat untuk menjadi seorang negosiator yang andal. Akan tetapi, dengan belajar, semua orang tentu tahu bagaimana caranya bernegosiasi yang baik. jenis kemampuan ini memang banyak dibutuhkan perusahaan guna mengembangkan jaringan bisnis perusahaan tersebut. Berikut beberapa trik yang bisa Anda pelajari untuk bisa menumbuhkan jiwa  seorang negosiator andal  dalam diri Anda.

1. Memiliki Strategi

Bernegosiasi pada prinsipnya adalah untuk mencapai pemikiran yang sama dan mencapai tujuan bersama. Maka pertimbangkan dengan matang hal-hal yang akan dinegosiasikan tanpa mengedepankan kepentingan perseorangan. Usahakan untuk mempersiapkan rencana-rencana cadangan untuk mengantisipasi setiap kemungkinan yang akan terjadi

2. Kemampuan Berbahasa yang Baik

Kemampuan berbahasa ini akan dilihat dari sudut verbal dan nonverbal Anda. Kemukakan seluruh pendapat Anda dengan kemasan bahasa yang mudah dimengerti namun tetap berbobot dan santai. Selain itu, perhatikan gerak tubuh Anda untuk tetap menjaga kesan profesional dan meyakinkan.

3. Mempersiapkan Pertanyaan

Jangan lupa untuk mempersiapkan pertanyaan sebagai bukti Anda memberikan perhatian terhadap lawan bicara. Selain itu, mengajukan pertanyaan juga akan membuka peluang ide baru sehingga negosiasi akan berjalan lebih dinamis.

Sebagai referensi lebih lengkap, Anda bisa belajar dari beberapa buku pembelajaran menjadi seorang negosiator andal berikut ini.

Sumber gambar : myjobmania.com

[DS]

Most Read Articles

esis emir