Kategori Komunitas

Juara 1 Teacher of the Year 2011 : Tjitji Wartisah

PDFPrintE-mail

Ciptakan Inovasi Kreatif

Boleh jadi, pengalaman mengajar selama 21 tahunlah yang menjadi salah satu alasan Ibu Tjitji Wartisah dinobatkan sebagai juara pertama Teacher of The Year 2011 yang diadakan Penerbit Erlangga. Mengajar anak Taman Kanak-kanak (TK) dalam jangka waktu selama itu tentu saja tidak mudah. Namun, baginya, pendidikan TK sangatlah unik dan dunia anak-anak begitu menarik untuk didalami.

Guru di TK Darul Hikam I, Bandung, ini mengaku amat mencintai dunia anak dan karena itu pula, ia tergugah untuk terus menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran. Seperti metode pembelajaran yang menyenangkan, media pembelajaran menggunakan barang bekas, dan kegiatan-kegiatan lain yang kreatif. Ketua IGTK-PGRI Bandung Timur ini pun berusaha mendalami banyak ilmu, seperti psikologi anak. Bagi Ibu Tjitji yang berlatar belakang pendidikan S-2 ini, dunia anak sudah menyatu di dalam dirinya sehingga selalu ada perasaan senang bertemu dengan murid-muridnya.

Baginya, sesulit apapun kondisi yang ia temui saat berhadapan dengan murid-muridnya, hal itu bisa diatasi, yaitu dengan cara menjalin kerja sama dengan orang tua. Misalnya, seorang anak mengalami masalah tentang kemandirian. Ia pun berusaha menjalin koordinasi dan berkonsultasi tentang kebiasaan anak di rumah. Dengan begitu, ia dan orang tua bisa menerapkan nilai-nilai yang sama demi membangun semangat kemandirian dalam diri anak.

Tidak jarang ia menghadapi murid yang rewel, menangis, dan ingin bersama orang tuanya. Bahkan, ada kalanya, saat ia sedang membujuk anak, ia pun kena pukulan. Ia pun dengan sekuat tenaga akan mmeberi pengertian kepada anak, misalnya lewat bercerita. Untuk mendapatkan perhatian dari para muridnya, ia pun menggunakan berbagai alat peraga. Tidak lama kemudian, perhatian anak yang semula menangis pun tertuju padanya. Apalagi, ketika cerita itu disampaikan dengan suara dan ekspresi yang menarik, bakal semakin mengundang perhatian para muridnya.

Berbagai prestasi pun telah diraihnya, seperti juara 1 lomba kreativitas guru TK tingkat provinsi (2003), juara 1 lemba mengarang cerita bergambar (2005), juara 1 lomba guru berprestasi jenjang TK tingkat provinsi (2009), juara harapan 2 Intel Education Award tingkat nasional antarguru TK sampai SMA, dan sebagainya. (Foto: Dok. Pribadi)

Most Read Articles

esis emir