Kategori Komunitas

Juara 3 Teacher of the Year 2011: Tine Mulyaningsih

PDFPrintE-mail

Tine Mulyaningsih: Banting Setir Jadi Guru

Awalnya, Ibu Tine Mulyaningsih hanyalah seorang ibu rumah tangga yang mengabdikan dirinya sebagai sekretaris RT dan pengurus POKJA 2 bagian pendidikan di PKK RW. Salah satu program PKK adalah mendirikan Bina Keluarga Balita. Bersama rekan-rekannya, ia terlibat dalam kegiatan mendidik anak sekaligus memberikan penyuluhan kepada orang tua. BKB ini kemudian berkembang menjadi Pos PAUD. Boleh jadi karena kegigihannya, ia mendapatkan beasiswa dari Dinas Pendidikan setempat untuk mengikuti pendidikan Diploma-1 (D-1) di STAI Bani Saleh. Namun, merasa dirinya belum cukup dengan bekal pendidikan tersebut, ia pun melanjutkan pendidikannya ke jenjang Strata-1 (S-1) di STAI Bani Saleh. Ia pun banyak mengikuti berbagai pelatihan, seminar, dan studi banding ke berbagai Taman Kanak-kanak (TK) untuk menambah ilmunya. Ia berharap, ilmu dan berbagai pengalaman yang dimilikinya bisa diterapkan di Pos PAUD Bunga Tanjung, Bekasi, tempatnya mengajar sejak tahun 2002.

Semula Pos PAUD ini didirikan setelah melihat ada banyak anak usia dini yang tidak bersekolah karena keterbatasan ekonomi. Pendiri, pemimpin, sekaligus pengajar di Pos PAUD Bunga Tanjung ini pun berharap Pos PAUD ini bisa menjawab kebutuhan tersebut. Ia merasa sedih melihat ada banyak anak yang tidak bisa sekolah karena alasan ekonomi. Karena itu, tidak jarang, ia terjun langsung menghampiri warga setempat dan mensosialisasikan keberadaan Pos PAUD ini.

Menurutnya, terjun di dunia pendidikan anak usia dini sangatlah menyenangkan. Baginya, kunci penting yang harus dimiliki seorang guru adalah sikap sabar dan penyayang. Tidak ada hal yang mengganjal dalam hatinya kecuali harapan bahwa suatu hari, fasilitas Pos PAUD Bunga Tanjung semakin bertambah. Sebab, menurutnya, masih ada banyak anak di daerah setempat yang bisa dijangkau oleh Pos PAUD Bunga Tanjung.

Sejumlah prestasi pun telah diraih guru yang gemar menyanyi ini. Misalnya, juara 3 Teacher of The Year yang diadakan Penerbit Erlangga (2011), juara 1 pengelola Pos PAUD sekota Bekasi (2011), juara 1 kader BKB sekota Bekasi (2011), dan juara 1 kader BKB tingkat provinsi (2011), dan sebagainya. Dengan semua pengalaman dan prestasinya, ia berharap bisa memajukan Pos PAUD Bunga Tanjung dan menghasilkan generasi yang berprestasi.  (Foto: Dok. Pribadi)

Most Read Articles

esis emir