Kategori Komunitas

Juara 1 Teacher of the Year 2010 : Wiwik Puspitasari

PDFPrintE-mail

Jatuh Cinta Jadi Guru

Ibu guru kelahiran Air Batu, Sumatra Utara, 30 Agustus 1974 ini merupakan juara pertama Teacher of The Year yang diadakan oleh Erlangga for Kids tahun lalu. Pengalamannya sebagai guru Taman Kanak-kanak (TK) selama 16 tahun boleh jadi itulah yang mengantarkannya sebagai pemenang.
Ia mengawali kariernya sebagai guru bahkan sejak ia masih kuliah di jurusan Pariwisata Perhotelan Universitas Sumatra Utara. Lulus kuliah, ia masih melanjutkan pekerjaannya sebagai guru TK sambil bekerja di perusahaan asing maupun hotel. Ternyata, ia mengaku tidak betah bekerja di belakang meja. Ibu Wiwik merasa ada sesuatu yang hilang dari kesehariannya.

Ibu yang sempat mengambil pendidikan guru TK selama satu tahun di PGTK Yadika Puri ini merasa jatuh cinta pada perannya sebagai guru. Menurutnya, ada perasaan bahagia bila ia dinantikan oleh para muridnya setiap pagi. Selain itu, ia dituntut untuk selalu belajar. Hingga suatu hari, ia memutuskan untuk fokus sebagai guru TK.
Kemampuan ibu yang sedang menyelesaikan kuliahnya di Universitas Muslim Nusantara untuk mendongeng, menari, dan bernyanyi seolah melengkapi panggilannya itu. Talentanya itu tidak datang dengan sendirinya. Sejak kecil ia memang senang menari dan sering mengikuti berbagai perlombaan tari. Sedangkan kemampuan mendongengnya dipelajari sejak tahun 2000. Ia mengikuti pelatihan mendongeng dan tidak jarang pula, ia mengikuti perlombaan mendongeng. Saat mendongeng, ia tak ragu untuk terlihat jelek, mengikuti karakter tokoh yang sedang diceritakannya. Bahkan, suaranya pun berubah-ubah sesuai karakter tokoh. Soal suara yang berubah-ubah, katanya, ia belajar dengan mendengar berbagai suara di sekitarnya.

Bagi guru yang mengajar di R.A Al Musabbihin ini, ia mengajar dengan tidak membeda-bedakan para siswanya. Namun, ia menggunakan pendekatan yang berbeda untuk setiap anak karena memiliki karakter yang berbeda. Karena itu, ia berusaha mengenali karakter setiap siswa dengan mencari tahu minat mereka. Ia pun berharap bisa menjadi guru yang berprestasi dan terus memberikan yang terbaik bagi para siswanya. (Hik/Foto: Dok. Pribadi)

Most Read Articles

esis emir