Kategori Komunitas

Juara 2 Teacher of the Year 2010 : Inayati Hasan

PDFPrintE-mail

Mengajar dengan Hati

Profil guru favorit Bravo! kali ini Ibu Inayati Hasan atau yang akrab disapa Ibu Ina. Ibu Ina lahir di Jakarta 29 April 1976. Ibu Ina memiliki latar belakang pendidikan D2 Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak di Cut Meutia dari sanalah Ibu Ina langsung ditawari mengajar di TK Al-Azhar 8. Lalu Ibu Ina melanjutkan pendidikannya di Universitas Negeri Jakarta jurusan Bimbingan Konseling.

Setiap hari anak-anak memberikan pengalaman yang berbeda. Menjadi guru TK membuatnya semakin mengenal karakter anak. Ibu Ina pun jadi mengerti kapan anak merasa bosan dalam belajar. Karena itu Ibu Ina menerapkan cara belajar di dalam dan luar ruangan. Di luar kelas anak-anak bisa bermain kartu yang disembunyikan dan mereka ditugaskan mencari kartu yang disebut “ harta karun” atau melatih motorik dengan bermain pistol air.

Selama mengajar Ibu Ina punya banyak pengalaman yang sangat mengesankan. Salah satu yang paling berkesan saat Ibu Ina mempunyai seorang murid yang berkebutuhan khusus. Murid tersebut tidak bisa berjalan bahkan divonis oleh dokter tidak bisa menulis dan belajar seperti anak pada umumnya. Ibu Ina percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Ibu Ina terus memberi motivasi pada muridnyatersebut. Di luar dugaan berkat kesabaran Ibu Ina, anak tersebut bisa mengikuti pelajar di kelas. Bahkan ia bisa masuk ke sekolah negeri seperti anak-anak pada umumnya.

Mengajar dengan hati membuat tak ada yang tak mungkin bagi anak didiknya. Berkat itu pula Ibu Ina mampu mengantarkan para murid meraih prestasi. Ibu Ina juga mempunyai beragam prestasi. Antara lain guru teladan di TK al-Azhar 8, juara pertama lomba bercerita tingkat Kota Bekasi tahun 2004, lomba bercerita antar TK Al-Azhar se-Indonesia, dan masih banyak lagi. Terakhir Ibu Ina berhasil menjadi finalis Teacher of The Year dari penerbit Erlangga mengalahkan ribuan peserta lainnya.

Most Read Articles

esis emir