Metamorfosis Abnormalitas

DENGAN problematika yang semakin kompleks, maka perilakuk manusia pun berubah. Masalah psikologi pun mengalami perubahan. Apa yang dulu kerap diidentikkan dengan sesuatu yang normal, kini bisa menjadi abnormal.

Tapi sebaliknya, yang dahulu merupakan perbuatan yang abnormal, bisa jadi kini menjadi normal secara psikologis. Abnormalitas pun bermetamorfosis.

Orang yang senyam-senyum sendiri, di masa lalu bisa jadi merupakan perilaku abnormal. Tapi, kini banyak orang yang bisa tertawa, senyum, menangis, sedih di tempat umum. Rupanya sedang berinteraksi dengan telepon pintar (smartphone). Ini pun berubah menjadi perilaku abnormal. Perilaku LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) dahulu merupakan abnormal.

Tapi, belakangan sejumlah lobi yang kua tele diupayakan untuk menjadikannya sebagai kebolehan dan kewajaran. Banyka Negara liberal yang telah mengadopsi LGBT sebagai perilaku normal, bukan abnormal lagi. Di sejumlah Negara, perilaku ini bukan lagi menyimpang, bahkan sudah dilegalkan Negara.

Psikologi abnormal merupakan salah satu cabang psikologi dalam bidang klinis. Ia mempelajari pola prilaku abnormal dan menggunakan cara tertentu untuk membantu orang yang mengalami abnormalitas. Cakupan psikologi abnormal lebih luas dari sekedar gangguan psikologi. Studi mengenai gangguan mental secara umum dikaitkan dengan perspektif model medis (medical model). Model ini menganggap perilaku abnormal adalah efek dari gangguan atau penyakit yang menjadi dasar dari model itu sendiri.

Psikologi abnormal memiliki beragam istilah yang sering digunakan dalam menyebut perilaku abnormal dalam psikologi abnormal adalah mental disorder, perilaku maladaptive, emotional discomfort, mental illness, psikopatology dan gangguan mental.

Buku ini memberikan penjelasan mendalam mengenai makna abnormalitas. Buku ini juga dilengkapi dengan hasil-hasil penelitian terbaru di bidang psikologi abnormal. Selain itu, buku ini ditulis dengan mengacu pada DMS-5 untuk menyajikan diagnose komprehensif terhadap perilaku abnormal. Fitur-fitur yang ada di dalam buku ini pun akan memudahkan pembaca memahami bahasan terkait psikologi abnormal.

Penulis            : Jeffrey S Nevid dkk

Penerbit          : Erlangga, Jakarta

Cetakan          : Petama, 2018

Tebal              : xv + 272 Halaman

Most Read Articles

esis emir