Penelitian Dengan Metode Deduktif

DIAWALI Bab I menjelaskan penelitian, dua jenis penelitiannya yaitu penelitian dasar dan penelitian terapan, serta menjelaskan apa kriteria dari penelitian ilmiah, dan bagaimana penerapan metode deduktif dalam proses penelitian.

 Di samping itu, juga dijelaskan mengapa manajer perlu mengetahui tentang peneliti atau konsultan yang berasalah dari dalam atau luar perusahaan.

Dalam bab 2 mempelajari tiga langkah pertama dari penelitian, yaitu ruang lingkup masalah yang diteliti, pengumpulan data awal melalui wawancara terstruktur dan tidak terstruktur serta survey literature, dan dijelaskan pula tentang penelitian kepustakaan serta bagaimana mendokumentasikan survey literature dari sumber data sekunder, dan bagaimana merumuskan masalah penelitian.

Pada bab 3 membahas sempat jenis variable, yaitu variable dependen, variable independen, variable moderasi, dan variable antara (intervening). Di sini juga dijelaskan bagaimana membangun kerangka teori dan merumuskan hipotesis yang dapat diuji berdasarkan teori yang telah dikemukakan beberapa isu rancangan penelitian dasar dan pilihan-pilihan yang tersedia bagi peneliti.

Di bab 4 mencakup rancangan penelitian percobaan, khususnya yang berkaitan dengan percobaan di laboratorium dan lapangan. Pembahasan juga mencakup masalah validitas internal dan eksternal serta tujuh factor yang dapat mempengaruhi validitas internal. Di samping itu, juga dijelaskan beberapa jenis rancangan percobaan yang dapat dipakai untuk menguji hubungan kausal/sebab akibat dan kegunaan rancangan tersebut dalam kaitannya dengan validitas serta kepraktisannya.

Kemudian di bab 5, kita belajar tentang konsep pengukuran dan pengumpulan data untuk keperluan penelitian. Selain itu dibahas definisi operasional, skala pengukuran, reliabilitas dan validitas, serta beberapa cara pengumpulan data dengan berbagai metode serta pengolahan data dari berbagai sumber direkomendasikan untuk penelitian yang ketat. Rencana tersebut harus dilakukan dalam konteks tersedianya sumber data, dan tingkat ketelitian yang diperlukan untuk tujuan penelitian tertentu.

Bab 6 mengurai keputusan mengenai pengambilan sampel meliputi rancangan pengambilan sampel yang akan digunakan dan ukuran sampel yang diperlukan. Rancangan pengambilan sampel denga probabilitas (probability sampling) lebih dapat digeneralisasi ketimbangan rancangan pengambilan sampel non probabilitas (nonprobability sampling). Dalam semua penelitian, kehati-hatian juga harus diperhatikan agar tidak terjadi generalisasi yang berlebihan atas hasil studi populasi yang tidak diwakili oleh sampel.

Pada bab 7 dijelaskan berbagai jenis skala pengukuran data, pengenalan tentang program pengolahan dan analisis data dengan menggunakan SPSS, mulai dengan tampilan table SPSS, cara entri data, membaca tampilan data table SPSS, langkah-langkah dalam analisis data, membaca hasil output SPSS, serta cara mengoprasikan SPSS.

Bab 8 menjelaskan mengenai tahapan untuk melakukan analisis perbandingan dengan berbagai kelompok sampel serta cara pengujian hipotesis atas masing-masing kelompok sampel dengan menggunakan program SPSS.

Selanjutnya bab 9 hingga bab 16 masing-masing bertemakan, Analisis Varians, Analisis Korelasi dan Regresi, Regresi Logistik, Regresi Multinominal, Regresi Ordinal, Regresi Probit, Two Stage Least Squares (2-SLS), dan Analisis Diskriminan.

Judul              : Metode Penelitian Bisnis & Analisis Data Dengan SPSS

Penulis            : I Made Sudana dan Rahmat Heru Setianto

Penerbit          : Erlangga

Terbit             : 2018

Tebal              : XII + 210 Halaman

Sumber           : Harian Fajar Makassar

Most Read Articles

esis emir