Pentingnya Wadah untuk Kembangkan Minat dan Bakat Anak

PDFPrintE-mail

Setiap anak terlahir dengan minat dan bakat yang berbeda-beda. Sayangnya, minat dan bakat anak ini tak akan terlihat jika tidak digali dan diasah.

Itu sebabnya orangtua harus memberikan ruang bagi anak agar dapat mengembangkan potensinya. Salah satunya dengan mengikutsertakan anak pada beragam perlombaan. Hal ini disampaikan Dr. H. M. Asrorun Ni’am Sholeh, MA, selaku Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Semakin banyak ruang partisipasi masyarakat untuk mendorong kreativitas anak muda, semakin bagus untuk mencari talenta muda di berbagai bidang. Kami juga di Kemenpora rutin menyeleksi anak muda kreatif di berbagai bidang seperti kewirausahaan, lingkungan, dan lainnya," ujar Ni'am di sela-sela pembukaan 'Erlangga Talent Week 2018' di Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Ia menambahkan, sebenarnya bakat dan potensi anak-anak Indonesia tak kalah dengan negara-negara lain. Bahkan tak jarang anak muda Indonesia mendapat apresiasi di kancah Internasional di bidang olahraga, akademik, hingga bidang lain yang membutuhkan kemampuan khusus. Keberhasilan ini salah satunya disebabkan karena mereka mampu mengasah bakat yang dimilikinya.

"Prestasi anak muda Indonesia tidak kalah membanggakan. Kemarin saat demam Piala Dunia ada perwakilan Indonesia yang jadi juara dunia di bidang sepakbola robot, tim U19 kita juga tidak perlu diragukan lagi kehebatannya. Tapi bakat ini butuh untuk dikembangkan agar lebih konsisten dan berkesinambungan," tambah dia.

Melihat pentingnya wadah bagi anak muda mengembangkan bakat dan potensinya, penerbit buku Erlangga menyelenggarakan Erlangga Talent Week 2018. Disampaikan Rizal Pahlevi selaku Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga, gelaran yang berlangsung pada 25-27 Oktober di Kuningan City ini merupakan perpaduan antara aktivitas perlombaan, talkshow, unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta tidak kalah penting pameran buku-buku pendidikan/referensi belajar/literasi bagi siswa, guru, orangtua dan masyarakat umum.

"Dalam gelaran ini, pengunjung juga dapat menyaksikan acara-acara menarik dalam bentuk lomba (speech contest, talent show, storytelling), seminar dan talkshow bersama pakar dan selebriti, demonstrasi seni dan sains, pameran buku dan alat tulis, dan panggung hiburan dengan bintang tamu idola generasi milenial: Stars & Rabbit dan Payung Teduh," tandas Rizal.

Sumber: Sura.com

Most Read Articles

Acara Akan Datang


esis emir