ETW 2019, Ajang Menggali Bakat dan Kreativitas Generasi Z

PDFPrintE-mail

ETW 2019,  Ajang Menggali Bakat dan Kreativitas Generasi Z

KBRN, Jakarta : Setelah muncul istilah Generasi Milenial, saat ini yang sedang populer adalag istilah Generasi Z, yaitu generasi yang lahir ada kurun  1995-2010. Anak generasi Z ini sangat indentik dengan akses internet (media sosial) yang tinggi, akses informasi yang mudah dan cepat. Sehingga kondisi itu sangat mendukung keberagaman bakat dan talenta yang mereka miliki.

"Generasi Z ini dihadapkan pada banyak pilihan dan kesempatan untuk berekspresi, namun membutuhkan arahan yang sesuai. Tapi pada kenyataannya, generasi Z di Indonesia kurang mendapat kesempatan dan wadah yang baik untuk mengasah bakatnya," ungkap Arief Subahagiyo, Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga, dalam diskusi bertema "Peranan Orangtua Dalam Mengembangkan dan Mengasah Bakat Anak Generasi Z", di Jakarta, Kamis (2/10/2019).

Diskusi ini merupakan rangkaian acara ajang unjuk bakat dan kreativitas  bagi kalangan pelajar, yang bertajuk "Erlangga Talent Week (ETW) 2019", yang akan berlangsung 5-6 Oktober 2019 di Ciputra Artpreneur Theater.  ETW 2019 sendiri merupakan agenda yang menyuguhkan berbagai aktivitas perlombaan, unjuk bakat dan kreativitas, serta hiburan.

Sementara itu, psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana, menyebut kemajuan teknologi digital menjadi tantangan dalam mengembangkan bakat generasi Z.

"Teknologi digital sebenarnya bisa menjadi alat bantu untuk mengembangkan bakat. Oleh karena itu, lingkungan terdekat anak memiliki peranan penting dalam mengarahkan agar mereka dapat memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dalam mengembangkan bakat mereka dan menjaga keseimbangan antara aktivitas di dunia maya dan nyata," papar Vera.

Untuk itu, lanjut Arief, lewat ajang ETW 2019 ini akan memberi kesempatan pada generasi Z untuk fokus dalam mengembangkan minat mereka, dan memotivasi diri sendiri.

"Kita tidak hanya ingin menerbitkan buku-buku berkualitas saja, tapi juga ingin ikut serta melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan bakat anak-anak Indonesia, baik di bidang olahraga, seni, lingkungan hidup, maupun sosial," ucap Arief.

ETW 2019 ini merupakan penyelenggaraan yang ke tujuh, sejak pertama kali di gelar ada 2009. Untuk kali ini, ada empat kompetisi utama yang dilombakan dalam Erlangga Talent Week 2019, yaitu Erlangga English Speech Contest tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat, Modern Choir tingkat SD dan SMP sederajat, Traditional Dance tingkat SMA/K, dan Battle of The Band tingkat SMA/K, serta Perguruan Tinggi.

Acara Road to ETW sendiri terdiri atas babak penyisihan dan semi final lomba dengan hampir 15 ribu siswa dan mahasiswa secara nasional telah mendaftar di Road to ETW ini.

Sumber: rri.co.id

Most Read Articles

esis emir