Pengalaman Maba

PDFPrintE-mail

Awalnya aku tidak menyangka bisa lolos SBMPTN di Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Pertanian program studi Agribisnis,yang akhirnya pada tanggal 28 juli 2015 mengharuskan aku pergi dari bandung ke Kalimantan tepatnya Banjarmasin. Karna harus daftar ulang. Memang awalnya sulit untuk pergi merantau ke luar pulau jawa tanpa adanya keluarga,tapi dengan adanya dukungan dan doa orangtua membuat aku semangat untuk kuliah di unlam ini. Awalnya banyak pandangan orang yang bertanya kepadaku mengapa harus kuliah jauh jauh,mengambil studi pertanian dan bukan karna beasiswa,toh di bandung ini banyak universitas favorit dan fakultas yang jauh lebih baik dari pertanian (dalam artian,mereka menyepelekan pertanian). Memang unlam ini tidak sebagus dan tidak sehebat perguruan tinggi yang ada di bandung seperti unpad,upi,itb,dll yang memang menjadi banyak incaran orang juga tidak sekeren fakultas hukum,kedokteran,dll. Tapi aku menempatkan posisi dimana agar aku kuliah bisa menjadi lebih mandiri,mereka yang kuliah di univ favorit belum tentu hasil jerih payah sendiri,belum tentu bisa mandiri,untuk apa kuliah di fakultas keren tapi tidak serius kuliah. Tidak perlu minder karna kuliah fakultas pertanian. Karna tanpa pertanian maka fondasi kehidupan akan terganggu karna setiap manusia membutuhkan asupan pangan yang ada dalam bidang pertanian.  Memang sejak awal aku tidak mengambil univ di bandung,dan memang sejak awal tujuanku adalah agribisnis. Meskipun kini aku mengais ilmu ditanah orang,aku tidak takut dan tidak menyesal karna aku menyerahkan semuanya kedalam tangan Tuhan karna aku percaya ada rencana yang indah yang telah Tuhan siapkan saat aku menjadi mahasiswa baru faperta unlam. Aku sudah menjadi Mahasiswa,dan sebagai anak kost, yang harus bisa jaga diri,mandiri,belajar hemat,dan bisa membanggakan orangtua.

Memasuki dua bulan masa perkuliahan banyak pengalaman menarik yang belum pernah aku temukan sebelumnya,seperti belajar memahami budaya di Kalimantan ini,ikut turun dalam kegiatan kampus khusus maba,sampai tiba saat aku harus membuat laporan praktikum zona dimana aku di kejar kejar tugas dan harus konsul sampai mendapat kata ‘acc’ memang perkuliahan ini tidak seseru di ftv hahaha. Kini aku mulai terbiasa dengan kehidupan baru dan banyak teman baru.

Semoga aku bisa menjadi sarjana pertanian yang dapat memajukan pertanian di Indonesia dan bisa mengamalkan ilmu pertanian ku kepada masyarakat yang belum paham betul dalam hal bertani.


Terimakasih


Oleh: Fitriany Situmorang

Most Read Articles

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09
Whatsapp. 08191-1500-885
Hotline. 1500-885


esis emir