Perubahan dunia sosial beberapa tahun ini mungkin lebih cepat dan dramatis daripada perubahan yang terjadi di masa yang lebih lampau. Perubahan-perubahan ini memiliki implikasi penting bagi sisi sosial kehidupan dan untuk psikologi sosial, cabang ilmu psikologi yang mempelajari segala aspek perilaku kita dengan dan terhadap orang lain, perasaan dan pikiran kita tentang mereka, dan hubungan yang kita kembangkan dengan mereka. Pesan utama bagi psikologi sosial sebagai suatu bidang adalah: Terus ikuti perubahan sosial dan teknologi atau Anda tidak lagi relevan—atau lebih buruk—menjadi penghalang untuk melanjutkan perubahan.
Seiring dengan semakin dalamnya kita memasuki abad ke-21, psikologi sosial tidak berpotensi untuk menjadi ketinggalan jalan atau sebagai rintangan untuk kelanjutan perubahan sosial. Sebaliknya, psikologi sosial terus menjadi bidang yang hidup dan mampu beradaptasi seperti sebelumnya dan tetap akan seperti itu. Cakupan penelitian (dan pengetahuan) psikologi sosial telah berkembang cepat beberapa tahun belakangan dan buku ini mencoba untuk menangkap perkembangan ini dan memaparkannya pada Anda. Selain pembahasan penelitian-penelitian dan isu-isu terkini dalam psikologi sosial, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur baru yang dapat membantu Anda memahami keterkaitan psikologi sosial dengan keseharian kita. Dibahas dengan menggunakan bahasa yang ringan namun ringkas, buku ini cocok bagi Anda yang mencoba terus mengikuti perkembangan terkini di dunia psikologi sosial.
Dewasa ini, penguasaan keterampilan mengajar yang efektif tidak saja dilihat dari seberapa kompeten seseorang menguasai bidang yang diampunya saja, tetapi juga dari seberapa baik ia mengenal siswa-siswanya dan seberapa optimalnya ia mendorong perkembangan berbagai bakat dan potensi masing-masing siswa dalam suasana kelas yang kondusif.
Dalam buku edisi 10 yang terbaru ini penulis berusaha menyertakan aspek teknologi, yaitu bagaimana guru dapat memanfaatkan teknologi baru untuk mengajar; serta bagaimana teknologi telah mengubah hidup siswa zaman sekarang.
Buku ini memberikan Anda perangkat yang berguna dalam proses merencanakan dan menerapkan pengajaran dalam membentuk suatu lingkungan yang membantu siswa selalu termotivasi mengerjakan tugas dan memberikan penilaian atau asesmen kepada para siswa tersebut. Buku jilid 1 ini menghadirkan topik-topik berikut:
Perubahan dunia sosial beberapa tahun ini mungkin lebih cepat dan dramatis daripada perubahan yang terjadi di masa yang lebih lampau. Perubahan-perubahan ini memiliki implikasi penting bagi sisi sosial kehidupan dan untuk psikologi sosial, cabang ilmu psikologi yang mempelajari segala aspek perilaku kita dengan dan terhadap orang lain, perasaan dan pikiran kita tentang mereka, dan hubungan yang kita kembangkan dengan mereka. Pesan utama bagi psikologi sosial sebagai suatu bidang adalah: Terus ikuti perubahan sosial dan teknologi atau Anda tidak lagi relevan—atau lebih buruk—menjadi penghalang untuk melanjutkan perubahan.
Di dunia yang terus berubah ini, keadaan psikologis pun kerap berubah. Perubahan ini dan juga norma budaya membuat suatu perilaku disebut abnormal. Namun, apa yang disebut seseorang sebagai perilaku abnormal belum tentu dianggap demikian oleh orang lain. Kalau begitu, apakah yang disebut perilaku abnormal itu?
Buku ini memberikan penjelasan mendalam mengenai makna abnormal serta perilaku dan kondisi psikis seperti apakah yang dianggap abnormal. Buku ini dilengkapi dengan hasil-hasil penelitian terbaru di bidang psikologi abnormal. Selain itu, buku ini ditulis dengan mengacu kepada DSM-5 untuk menyajikan diagnosis komprehensif terhadap perilaku abnormal. Fitur-fitur yang ada di buku ini pun akan memudahkan Anda untuk memahami bahasan terkait psikologi abnormal.
Telaah kurikulum dan perencanaan pembelajaran merupakan salah satu tugas yang diemban oleh para praktisi pendidikan dan juga guru. Kurikulum sebagai cerminan kondisi suatu negara terus berubah mengikuti zaman dan perubahan karakteristik serta kebutuhan masyarakat di suatu negara. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kurikulum pendidikan kerap berubah. Tentunya, perubahan tersebut tidak begitu saja terjadi, tetapi telah melalui berbagai kajian dan evaluasi atas kurikulum terdahulu. Dalam lingkup yang lebih kecil, kurikulum tentunya menentukan bagaimana guru melakukan proses pembelajaran kepada peserta didik. Dalam melakukan proses pembelajaran, guru perlu merumuskan silabus dan juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Baik silabus maupun RPP tentunya tidak dapat dirumuskan begitu saja. Terdapat panduan-panduan tertentu yang harus diikuti guru.
Edisi terbaru dari karya besar John W. Santrock ini semakin lengkap dengan materi serta penelitian-penelitian terakhir. Ciri khas buku karya John W. Santrock adalah memberikan peta pembelajaran yang komprehensif terhadap seluruh materi melalui tujuan pembelajaran yang detail. Bagi pembaca buku ini, penekanan tema koneksi pada berbagai aspek perkembangan masa hidup akan sangat bermanfaat dalam memahami konsepnya. Tema-tema koneksi ini – Koneksi Perkembangan, Koneksi Topik, Mengoneksikan Perkembangan dengan Kehidupan, Terkoneksi dengan Karier, dan Terkoneksi melalui Riset – menyatukan konsep dari berbagai bab untuk memperkuat proses pembelajaran dan mengoneksikan materi ke dalam kehidupan sehari-hari pembaca serta aspirasi di masa depannya. Singkatnya, buku ini memudahkan pembaca dalam menghubungkan konsep dengan kehidupan sehari-hari, memahami penelitian tentang perkembangan masa hidup, dan akhirnya menghubungkan perkembangan masa hidup dengan dunia nyata. Materi terbaru dalam edisi ke-13 ini serta keakuratannya telah mendapat rekomendasi dari pakar psikologi perkembangan di berbagai universitas.
Buku ini memberikan segala hal yang harus Anda ketahui dalam bidang psikologi dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Dalam setiap bahasannya, Anda juga akan disuguhi dengan ilustrasi, contoh, dan fitur-fitur menarik lainnya yang dapat membantu pemahaman Anda terhadap pokok bahasan yang diangkat.
Dalam edisi kesebelas ini, Wade, Tavris, dan Garry melengkapi setiap bahasan yang diangkat dengan hasil-hasil penelitian terkini di bidang psikologi yang terus berubah. Buku ini berisikan enam belas bab yang dibagi menjadi dua jilid. Pada jilid kedua buku ini, akan dipaparkan topik-topik mengenai ingatan; emosi, stres, dan kesehatan; motivasi yang melatarbelakangi perilaku seseorang; perkembangan di sepanjang kehidupan manusia; beberapa teori kepribadian yang harus Anda ketahui; gangguangangguan psikologis; serta pendekatan terhadap penanganan dan terapi bagi gangguan-gangguan psikologis.
Buku ini memberikan segala hal yang harus Anda ketahui dalam bidang psikologi dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Dalam setiap bahasannya, Anda juga akan disuguhi dengan ilustrasi, contoh, dan fiturfitur menarik lainnya yang dapat membantu pemahaman Anda terhadap pokok bahasan yang diangkat.Dalam edisi kesebelas ini, Wade, Tavris, dan Garry melengkapi setiap bahasan yang diangkat dengan hasil-hasil penelitian terkini di bidang psikologi yang terus berubah. Buku ini berisikan enam belas bab yang dibagi menjadi dua jilid. Pada jilid pertama buku ini, akan dipaparkan topik-topik mengenai apa itu psikologi, metodologi penelitian psikologi, gen terkait dengan evolusi dan lingkungan, otak dan sistem saraf, ritme tubuh dan kondisi mental, sensasi dan persepsi, pembelajaran dan
pengondisian, perilaku di dalam konteks sosial-budaya, serta proses berpikir dan inteligensi.
Buku Pembelajaran Matematika untuk PGSD ini membahas tentang topik-topik matematika dasar yang berkenaan dengan penalaran proporsional seperti pecahan, desimal, persen, rasio, proprsi, dan perbandingan. Buku ini memberikan solusi bagi (calon) guru SD untuk dapat mengembangkan penalaran proporsional siswa secara baik sehingga miskonsepsi yang selama ini terjadi dapat diminimalisasi. Oleh karena itu, buku ini tidak hanya memberikan teori tentang bagaimana membangun penalaran proporsional siswa, tetapi juga memberikan contoh kesalahan siswa dan cara mengatasinya.
Page 1 of 3
PT. PENERBIT ERLANGGA
Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09
Whatsapp. 08191-1500-885
Hotline. 1500-885