Desain Instruksional Modern

PDFPrintE-mail

Idealnya, setiap pengajar selalu berusaha mencari cara terbaik untuk melaksanakan kegiatan pengajarannya. Demikian pula, setiap pengelola program diklat senantiasa mencari jalan meningkatkan kualitas programnya melalui cara-cara yang  dianggapnya baik, sesuai dengan kebutuhan peserta diklat dan kondisi lembaga diklatnya.

Buku desain instruksional edisi ketiga ini diberi judul Desain Instruksional Modern: Pegangan Pemimpin dan Inovator Pendidikan. Seperti terlihat di judulnya, buku ini dimaksudkan untuk digunakan oleh pemimpin dan inovator pendidikan. Yang dimaksud dengan pemimpin di sini adalah setiap pendidik, pihak yang memegang posisi sebagai pembuat keputusan yang berpengaruh terhadap pihak lain termasuk terhadap peserta didik yang diajarnya. Yang dimaksud dengan inovator di sini adalah individu atau kelompok individu yang menciptakan pembaharuan dan pelopor dalam proses pembaruan pendidikan.


Dalam buku ini diuraikan suatu proses sistematik dalam membangun sistem pembelajaran (instructional systems) yang efektif dan efisien. Proses tersebut biasanya dilakukan oleh dosen, guru, widyaiswara, dan pelatih, yang selanjutnya disebut pengajar atau tenaga yang bekerja khusus sebagai pendesain instruksional (instructional designer) di lembaga pendidikan. Pendesain instruksional biasa bekerja sebagai pemimpin suatu tim yang merancang suatu sistem instruksional.

Buku ini diharapkan dapat membantu berbagai pihak  tersebut. Isinya terdiri dari tiga belas bab. Ketigabelas bab tersebut dimulai dari konsep konsep umum dalam pengajaran dan pembelajaran serta berbagai prinsip dasar dan teori terkait, khususnya teori psikologi pada Bab 1, 2, dan 3. Selanjutnya, buku ini berisi  langkah-langkah yang diperlukan dalam mendesain pembelajaran dengan mengingat prinsip dasar dan teori tersebut.

Keunggulan produk:
1. Satu-satunya buku tentang desain instruksional di Indonesia yang dibahas secara komprehensif dan mendalam.
2. Merupakan mata kuliah wajib untuk setiap mahasiswa jurusan kependidikan, termasuk di Universitas terbuka.
3. Ditulis oleh seorang guru besar yang memang ahli dalam desain instruksional; Prof Atwi mungkin satu-satunya ahli desain instruksional yang ada di Indonesia.
4. Wajib dimiliki oleh setiap guru dan mahasiswa kependidikan.

Spesifikasi:

Kode Buku: 0073700050
Pengarang: M. Atwi Suparman
Tahun: 2012
ISBN: 9789790999701
Lebar Buku: 17.5 cm
Tinggi Buku: 25.0 cm
Tebal Buku: 360 hlm
Berat Buku: 599.8 gram

Daftar Isi:
BAB 01 Pendahuluan
BAB 02 Pembelajaran sebagai Sistem: Sudut  Pandang Teknologi Pendidikan
BAB 03 Pembelajaran Berbasis Kompetensi
BAB 04 Model Desain Instruksional
BAB 05 Mengidentifikasi Kebutuhan Instruksional & Menulis Tujuan Instruksional Umum
BAB 06 Melakukan Analisis Instruksional
BAB 07 Mengidentifikasi Perilaku dan Karakteristik Peserta Didik
BAB 08 Merumuskan TIK
BAB 09 Menyusun Alat Penilaian Hasil Belajar
BAB 10 Menyusun Strategi Instruksional
BAB 11 Mengembangkan Bahan Instruksional
BAB 12 Menyusun Desain & Melaksanakan Evaluasi Formatif
BAB 13 Implementasi, Evaluasi Sumatif, dan Difusi Inovasi


Most Read Articles

esis emir