Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VIII KM

Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VIII KM

Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VIII KM

Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VIII KM

30 Jun 2025

Spesifikasi

  • Kode buku: 0033230390

  • Judul: Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VIII KM

  • ISBN: 9786235224367

  • Penerbit: Erlangga

  • Penulis: Jafar Shodiq Sahrudin, Moh. Nura’i, dan Rahmah Purwahida

  • Editor: Arnoldus Yansen Runesi

  • Ukuran: 17,5 x 25 cm

  • Halaman: 256

Sinopsis:

Buku Pendidikan Pancasila SMP/MTs ini dirancang sesuai Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Buku ini dirancang sebagai media pendamping untuk memenuhi kebutuhan pelajar dan mendukung upaya mewujudkan generasi penerus yang berkualitas, beretika, dan bertanggung jawab sesuai Profil Pelajar Pancasila. Buku ini disusun dengan materi-materi yang relevan, mendalam, serta dilengkapi fitur- fitur yang bervariasi agar mendorong penerapan pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Materi dan fitur yang disajikan tidak hanya bertujuan memberikan pemahaman konseptual, tetapi juga mengembangkan keterampilan bernalar kritis, kreatif, berpikir tingkat tinggi, serta kemampuan beradaptasi dan berkolaborasi.
Fitur-fitur buku ini sebagai berikut.

  • Asesmen Awal berupa kegiatan penilaian singkat di awal pembelajaran untuk mengetahui kemampuan dasar peserta didik.
  • Apersepsi berupa uraian singkat dan pertanyaan stimulus untuk memunculkan kembali pengalaman pembelajaran dan mendorong peserta didik bersemangat mengikuti proses pembelajaran.
  • Tahukah Kamu? berupa rubrik yang menyajikan informasi atau fakta menarik yang relevan dengan materi yang sedang dibahas.
  • Inkuiri berupa tugas atau aktivitas berbentuk pertanyaan, latihan soal, projek kecil, atau pemecahan masalah oleh peserta didik secara individu.
  • Kegiatan Kelompok berupa aktivitas kerja sama antarpeserta didik dalam tim atau kelompok kecil untuk mengasah keterampilan sosial serta kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama.
  • Asesmen Formatif berupa penilaian berkala dalam bentuk soal-soal yang bervariasi untuk mengumpulkan informasi terkait kemajuan belajar peserta didik.
  • Asesmen Sumatif berupa evaluasi akhir untuk menilai pemahaman dan pencapaian peserta didik di akhir periode atau bab pembelajaran.
  • Refleksi berupa aktivitas evaluasi untuk melihat kembali pengalaman belajar dan membantu peserta didik mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya dalam proses pembelajaran.


Tautan disalin
https://www.erlangga.co.id/index.php/buku-terbaru/0033230390