BLUE GREY RED

      

Error
  • There is no category chosen or category doesn't contain any items

Konferensi Guru Nusantara 2012 [IGI]

PDFPrintE-mail

Konferensi Guru Nusantara (KGN) akan diselenggarakan untuk yang ketujuh kalinya pada tanggal 7 - 8 November 2012, bertempat di Universitas Atma Jaya, Gedung Yustinus Lt. 14 & 15, Semanggi - Jakarta. Tema konferensi yang kami angkat tahun ini adalah "PENDIDIKAN SAINS; SAINS UNTUK MASYARAKAT, SAINS UNTUK MASA DEPAN".

Konferensi Guru Nusantara adalah sebuah Konferensi Nasional tahunan yang diselenggarakan secara rutin, berisikan topik-topik menarik dan terkini yang penting diketahui oleh Guru, Kepala Sekolah, maupun Pimpinan dan Pengurus Yayasan Pendidikan, guna terus menyelenggarakan pembelajaran yang semakin berkulitas di sekolah. Topik-topik tersebut akan disajikan dengan menarik, dan dibawakan oleh pembicara-pembicara pakar yang kompeten.

"PENDIDIKAN SAINS: SAINS UNTUK MASYARAKAT, SAINS UNTUK MASA DEPAN"
7 – 8 November 2012, Universitas Atma Jaya,Semanggi - Jakarta Pusat Gedung Yustinus Lt. 14 & 15, pukul 08.00 – 16.30 Wib

"..ilmu pengetahuan dan teknologi … untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia." (UUD 45 Pasal 31 ayat 5)

Peran sains dan teknologi bagi bangsa Indonesia termaktub di dalam UUD 45 Bab XIII mengenai Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan gamblang tersurat bahwa sains haruslah diabdikan bagi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Ini berarti sains haruslah berkembang bukan hanya untuk kepentingan sekelompok orang, melainkan untuk meningkatkan harkat masyarakat secara keseluruhan, terintegrasi dengan perkembangan ekonomi dan sosial. Oleh karena itu sangatlah relevan bila para pendidik membicarakan pendidikan sains di dalam Konferensi Guru Nusantara 2012 sebagai kontribusi untuk mengamalkan semangat yang tercantum di dalam konstitusi.

KGN 2012 akan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apa yang diharapkan oleh para ilmuwan, organisasi kemasyarakatan serta dunia usaha terhadap proses pendidikan sains di sekolah; Sikap mental, keterampilan berpikir dan keberpihakan seperti apa yang perlu dimiliki oleh generasi muda melalui pendidikan sains; Model-model pendidikan sains seperti apa yang cocok bagi para
pembelajar di abad ke-21 ini; Bagaimana kita memastikan bahwa pendidikan sains yang kita sediakan tidak hanya akan memberikan anak-anak kita kumpulan pengetahuan terkini tentang sains dan teknologi mutakhir, namun juga sikap dan keterampilan berpikir ilmiah; serta bagaimana kita mendesain pembelajaran sains agar anak-anak kita dapat menggunakan sikap dan keterampilan berpikir ilmiah di dalam masa depan mereka?

Topik – topik utama :
• Sains, Perkembangan Sosial, dan Nilai-nilai dalam Masyarakat: Refleksi dari Pengalaman Eropa
• Mengembangkan Sains, Membangun Masyarakat
• Model Pembelajaran Fisika untuk Membentuk Keterampilan Berpikir Ilmiah
• Model Pembelajaran Sains untuk Usia 6-12 Tahun
• Science Education in Harmony with Nature & Global issues: Cultivating Responsibility and Calling for Actions
• Belajar Sains Sekolah Dasar dengan Mengakar pada Budaya Masyarakat dan Alam Sekitar
• Peranan Matematika dalam Pendidikan Sains Masa Kini
• Prospek Pengembangan Ekonomi Indonesia Berbasis Sains dan Teknologi
• Sains sebagai Cermin Memandang Kehidupan

Pembicara yang akan diundang dalam KGN 2012, diantaranya:
1. Yanuar Nugroho, Ph.D – Peneliti di Universitas Manchester Inggris, Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Indonesia
2. Prof. Benyamin Lakitan, Ph.D ** – Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia
3. Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA** – Ketua Presidium Pengurus Pusat ICMI
4. Prof. Dr. F.G. Winarno – Mantan Rektor Unika Atma Jaya
5. Sofjan Wanandi** – Ketua Umum Pengurus Harian Asosiasi Pengusaha Indonesia
6. Martianus Frederic Ezerman – Nanyang Technological University, Singapore
7. Dr. Karlina Supelli – Dosen Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara
8. Najelaa Shihab – Direktur Utama Sekolah Cikal, Jakarta
9. Sri Wahyaningsih – Sanggar Anak Alam Yogyakarta
10. Linda Benwell – Green School Bali
11. Ir. Wayan Tjatra Ph.D – Kepala Sekolah SMA Santa Laurensia, Serpong

Untuk mendaftaran dan info selegkapnya dapat menghubungi ProVisi Education di no 021-5661017 dan 0853-11188811,
website: www.konferensigurunusantara.net, www.provisieducation.com

Konferensi Guru Nusantara diselenggarakan oleh ProVisi Education dengan didukung oleh: Universitas Atmajaya, Adaro Energy, Maped, Bank BJB, Chevron, dan BP Migas.

Most Read Articles

emir


https://mycalconnect.org/ x500 x500 x500 Slot Depo 5k https://sabriaromas.com.ar/wp-includes/x500/ https://nltanimations.com/wp-includes/x500/ http://tnimmigrationgroup.com/wp-includes/x500/ x500 Slot Thailand x500 https://skcollege.org/wp-includes/situs-x500/ https://kilimo.go.ke/wp-content/uploads/x500/ https://kilimo.go.ke/wp-content/uploads/euro-2024/ https://kilimo.go.ke/wp-content/uploads/slot-depo/ slot thailand gacor