BLUE GREY RED

      

Info Buku Terbaru

Wasis Basa (Mulok Jawa timur) untuk SD/MI Jl. 1 Kurikulum Merdeka

PDFPrintE-mail

Last Updated on Tuesday, 30 May 2023 08:26 Written by Admin Penerbit Erlangga Tuesday, 07 March 2023 15:42

Wasis Basa (Mulok Jawa timur) untuk SD/MI Jl. 1 Kurikulum Merdeka

 

Buku teks “Wasis Basa” punika satunggaling buku Mulok Wajib Basa Jawi ingkang kasajekaken Lelandhesan Elemen Ketrampilan Berbahasa Kurikulum Merdeka lan Kearifan Lokal Provinsi Jawa Timur. Sekawan elemen Ketrampilan Berbahasa punika antawisipun: 1) Menyimak, 2) Membaca dan Memirsa, 3) Berbicara dan Mempresentasikan, lan 4) Menulis, ingkang kasusun kanthi runtut lan rinci. Wondene Kearifan Lokal Provinsi Jawa Timur ingkang karembag inggih punika: basa lan sastra, adat tradhisi, budaya, lan kesenian khas Jawa Timuran ingkang adiluhung. Ing buku “Wasis Basa” punika ugi ngginakaken pendekatan “Profil Pelajar Pancasila” ingkang nanemaken budi pekerti luhur lan nilai-nilai Pancasila, sarta raos tresna asih dhumateng bangsa, negara, lan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Fitur-fitur khas ing buku “Wasis Basa” punika antawisipun:

 

  • Konsep lan Materi, lelandhesan Capaian Pembelajaran (CP) ingkang sinerat ing Kurikulum Merdeka. Materi kasajekaken kanthi jangkep lan rinci sinartan soal- soal latihan ingkang murwat.
  • Soal-Soal Latihan, ingkang jangkep arupi: Gladhen (Latihan) ing saben Tujuan Pembelajaran, Tes Sumatif Wulangan Bab, Tes Sumatif Semester 1 (ganjil), lan Tes Sumatif Semester 2 (Genap).
  • Kagiyatan, mujudaken tugas mirunggan (khusus) ingkang dados napas Kurikulum Merdeka. Kagiyatan punika kasajekaken sacara mandhiri utawi klompok ingkang ngasilaken satunggaling karya utawa prodhuk tartamtu.
  • Higher Order Thinking Skill (HOTS), ingkang gadhah tujuan kangge nggladhi para siswa supados saged nenalar kanthi kritis ngengingi samubarang bab ingkang gegayutan kalih pangudharipun pitakenan ingkang mbetahaken kawasisan lan kaprigelan tartamtu.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), mujudaken soal-soal latihan ingkang ingkang arupi soal literasi kanthi tujuan kangge nggladhi lan ngulinakaken para siswa ngadhepi soal-soal ingkang betah pemahaman tartamtu lan nguji kemampuan siswa salebetipun ngadhepi soal-soal ingkang variatif arupi soal kanthi pemahaman waosan (literasi).


Spesifikasi

Kode buku: 002-418-039-0

Judul: Wasis Basa (Mulok Jawa timur) untuk SD/MI Jl. 1 Kurikulum Merdeka

Penerbit: Erlangga

Penulis: Tresno Sukendro, dkk.

Editor: Rahma Damayanti Arif

Ukuran: 17, 5 x 25 cm

Halaman: 128 Halaman 

 

Mardika Basa lan Sastra Jawa kanggo SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum Merdeka

PDFPrintE-mail

Last Updated on Wednesday, 03 May 2023 08:25 Written by Admin Penerbit Erlangga Tuesday, 07 March 2023 10:10

Mardika Basa lan Sastra Jawa kanggo SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum Merdeka

 

Buku Mardika Basa lan Sastra Jawa kanggo SMP/MTS Kelas VIII diselaraskan dengan Capaian Pembelajaran (CP) Muatan Lokal Bahasa Jawa pada Kurikulum Merdeka, berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah nomor 423.5/04678 pada Lampiran II. Buku ini dapat digunakan sebagai sumber dan bahan ajar murid di fase D, dan membantu para guru dalam mendukung proses pembelajaran yang berpusat pada murid. Buku juga disusun untuk mendukung proyek penguatan profil pelajar Pancasila pada fase D (SMP/MTs) di wilayah Provinsi Jawa Tengah, dengan memberikan ruang belajar dan fitur yang lebih variatif.

Karakteristik yang menjadi unggulan buku ini adalah sebagai berikut.

  • Buku ini ditulis berdasarkan 4 elemen dasar. yaitu menyimak, membaca, berbicara, dan menulis.
  • Pembelajaran didukung oleh aktivitas-aktivitas belajar diawali dengan penilaian diagnostik, pertanyaan pemantik, dan uraian materi disertai konten QR code untuk memudahkan pembelajaran.
  • Setiap bab dikembangkan berdasarkan tema yang adaptif, dan di akhir bab disertai ringkasan materi untuk membantu mengingat dan membangun daya berpikir kritis murid.
  • Buku ini dilengkapi asesmen antara lain asesmen formatif yang dilakukan selama proses pembelajaran berupa latihan soal.
  • Asesmen sumatif dalam bentuk latihan akhir bab dan soal akhir semester yang mencakup soal model HOTS dan AKM serta Praproyek .

Dengan komposisi materi yang lengkap serta adaptif, diharapkan pemahaman, daya nalar murid, apresiasi, dan dimensi profil pelajar terhadap bahasa dan sastra Jawa semakin baik dan meningkat.


Spesifikasi

Kode buku: 003-418-025-0

ISBN: 9786231800688

Judul: Mardika Basa lan Sastra Jawa kanggo SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum Merdeka 

Penerbit: Erlangga

Penulis: Tukijo, Eko Wahyudi, dan Trimo 

Editor: Hadiyansyah

Ukuran: 17,5 x 25 cm

Halaman: 160 Halaman 

 
 

BUPENA MERDEKA SD/MI JL.1C/KM

PDFPrintE-mail

Last Updated on Wednesday, 08 March 2023 09:51 Written by Admin Penerbit Erlangga Monday, 27 February 2023 11:30

BUPENA MERDEKA SD/MI JL.1C/KM

 

 

Bupena Merdeka untuk SD/MI disajikan untuk membantu siswa menerapkan proses pembelajaran secara tuntas berdasarkan Kurikulum Merdeka.

Karakteristik buku: 

  • Memuat enam mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila, Matematika, IPAS, Seni Budaya, dan PJOK.
  • Materi inti dan latihan-kegiatan terbimbing disajikan sesuai Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.
  • Dilengkapi soal model AKM, simulasi soal AKM Literasi dan Numerasi, serta Proyek Integratif yang mengakomodasi penguatan Profil Pelajar Pancasila. 
  • Dilengkapi video pembelajaran (dalam bentuk QR Code) untuk penjelasan materi.

Keunggulan produk:

  • Didukung dengan media digital sebagai sumber belajar.
  • Media digital berupa animasi, video, dan audio yang dapat dibaca/didengarkan dengan cara men-scan atau memindai QR Code yang tersaji di halaman isi buku.
  • QR Code dapat diakses dengan alat pembaca, yaitu Erlangga Book Reader yang dapat di-download atau diunduh di Play Store.

Target konsumen: Siswa SD/MI, guru, dan orang tua.

Strategi promosi dan sosialisasi produk:

  • Pelatihan membuat media mengajar visual
  • Pelatihan Kurikulum Merdeka
  • Presentasi produk
  • Perangkat promosi berupa kunci jawaban dan media mengajar

 

Spesifikasi

Kode buku0023713800

ISBN: 9786024861384

JudulBUPENA MERDEKA SD/MI JL.1C/KM

Penerbit: Erlangga

Penulis: ARI PUDJIASTUTI-IRENE M.J.A.-DHESY ADHALIA-WINI KRISTIANTI

Editor: Tuti Aprianti, Novita Sari

Ukuran21 cm x 26 cm

Halaman: 216 Halaman 

 
 

Seni Teater untuk SMP/MTs Kelas VII (Kur. Merdeka)

PDFPrintE-mail

Last Updated on Tuesday, 30 May 2023 08:43 Written by Admin Penerbit Erlangga Friday, 24 February 2023 15:04

Seni Teater untuk SMP/MTs Kelas VII (Kur. Merdeka)

 

Buku Seni Teater untuk SMP/MTs ini dirancang untuk memfasilitasi peserta didik agar memiliki kompetensi dari seluruh elemen pertunjukan teater sesuai dengan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Elemen yang dimaksud antara lain teknik keaktoran, penyutradaraan, artistik, teknik, dan genre teater. Proses ini diharapkan memicu peserta didik untuk menuangkan ide dalam bentuk naskah dan merancang skema pertunjukan sederhana dari naskah tersebut. Pada saat yang sama, siswa juga akan dipandu secara praktis dalam penguasaan mimesis (peniruan karakter) agar mampu menjiwai peran. Untuk mendukung semua proses itu, buku ini dilengkapi fitur-fitur berikut.

 

Kegiatan Individu berupa aktivitas perseorangan untuk mengasah kompetensi seni teater secara mandiri.

Kegiatan Kelompok berupa aktivitas untuk mengasah kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi melalui tugas-tugas kelompok.

Lintas Media berupa media audio dan audiovisual yang dapat diakses melalui QR Code untuk memperoleh gambaran lebih jelas tentang praktik-praktik seni teater.

Rangkuman berupa kumpulan garis besar materi untuk membentuk memori jangka panjang peserta didik.

Latihan Soal Akhir Bab berupa soal pilihan ganda dan esai sebagai evaluasi yang sudah dilengkapi dengan soal berstandar higher order thinking skill (HOTS).

Soal Model AKM berupa soal-soal dengan karakteristik Asesmen Kompetensi Minimum, khususnya bagian literasi membaca, untuk mengenalkan konsep AKM kepada siswa.

Refleksi berupa tabel isian singkat sebagai bahan introspeksi siswa terhadap pemahamannya terhadap bab yang telah dipelajari.

Praproyek berupa tugas perencanaan kerja sistematis sebagai instrumen yang terintegrasi dengan penerapan Profil Pelajar Pancasila.

 

 

Spesifikasi

Kode buku: 003-790-001-0

Judul: Seni Teater untuk SMP/MTs Kelas VII (Kur. Merdeka)

Penerbit: Erlangga

Penulis: Isti Komariyah dan Panjang Afra 

Editor: M. Baihaqi

Ukuran: 17,5 × 25 cm 

Halaman: 144 Halaman 

 
 

Bupena Merdeka IPA Fisika SMA/MA Kelas X

PDFPrintE-mail

Last Updated on Wednesday, 05 April 2023 08:45 Written by Admin Penerbit Erlangga Friday, 24 February 2023 15:01

Bupena Merdeka IPA Fisika SMA/MA Kelas X

 

Bupena (Buku Penilaian) Merdeka IPA Fisika untuk SMA/MA ini adalah buku pendamping yang dirancang untuk menuntaskan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Di dalam buku ini, tersaji fitur-fitur yang dapat menjadi pelengkap buku teks utama. Fitur-fitur ini didesain sedemikian rupa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara tuntas sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Adapun fitur-fitur yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Materi Inti berupa ikhtisar teori dasar untuk mempertajam pemahaman peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari.

Aktivitas berupa kegiatan dengan format beragam untuk memantapkan kompetensi sesuai dengan elemen dalam Capaian Pembelajaran.

Soal HOTS berupa cakupan soal bertaraf higher order thinking skills untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Soal Model AKM berupa soal dengan karakteristik Asesmen Kompetensi Minimum untuk pengenalan dan latihan AKM bagi peserta didik.

 

Spesifikasi

Kode buku: 004-530-089-0

ISBN: 9786231800657

Judul: Bupena Merdeka IPA Fisika SMA/MA Kelas X

Penerbit: Erlangga

Penulis: Ari Damari

Editor: Hani Trifani

Ukuran: 21 x 26 cm

Halaman: 136 Halaman 

 
 

Seri Kuliah Ringkas (SKR): Teknik Biologi Molekuler

PDFPrintE-mail

Last Updated on Wednesday, 03 May 2023 14:04 Written by Admin Penerbit Erlangga Thursday, 23 February 2023 14:34

Seri Kuliah Ringkas (SKR): Teknik Biologi Molekuler

 

Pandemi Covid-19 menyentakkan dunia dengan kesadaran baru akan pentingnya pemahaman teknik biologi molekuler sebagai dasar dalam pengembangan diagnosis dan produk biologi, mulai dari pentingnya pemahaman metode diagnosis Covid-19 dengan metode polymerase chain reaction (PCR) hingga aplikasi kultur sel vero dalam produksi inactivated vaccine Covid-19.

Buku Seri Kuliah Ringkas (SKR) Teknik Biologi Molekuler ini ditulis oleh para peneliti dan akademisi sebagai bahan ajar untuk memenuhi mata kuliah biologi molekuler, biokimia dan biologi molekuler, serta bioteknologi bagi mahasiswa sarjana dan pascasarjana di program studi kesehatan misalnya farmasi, kedokteran, keperawatan, dan lain-lain, yang akan memberikan dasar pemahaman terkait metode-metode dalam biologi molekuler, mulai dari kultur sel sebagai teknik dasar dalam bioproses dan pengembangan obat, metode analisis genomik: DNA dan RNA, PCR dan sekuensing, analisis protein hingga aplikasi teknik biologi molekuler dalam pengembangan bioteknologi di berbagai bidang.

Pemahaman teknik biologi molekuler tidak hanya diperdalam melalui pembahasan materi secara padat dan ringkas, namun juga melalui contoh aplikasi terkini, mulai dari metode yang up-to-date hingga contoh praktis aplikasi teknik biologi molekuler di kondisi nyata. Pemahaman materi juga didukung dengan adanya contoh-contoh perhitungan dan simulasi, contoh prosedur pelaksanaan serta contoh latihan soal secara mandiri agar pembaca memperoleh pemahaman yang komprehensif terhadap setiap topik materi.

 

Spesifikasi

Kode buku: 007-658-059-0

Judul: Seri Kuliah Ringkas (SKR): Teknik Biologi Molekuler

Penerbit: Erlangga

Penulis: Oeke Yunita, Alfian Hendra Krisnawan, Marisca Evalina Gondokesumo 

Editor: Rina Astikawati dan Evie Kemala Dewi

Ukuran: 15,7 cm x 24 cm

Halaman: 216 Halaman 

 
 

Splash (Smart Path to Learning English) SMK/MAK Grade XII (Rumpun Bisnis dan Manajemen, Pariwisata, serta Ekonomi dan Kreatif)

PDFPrintE-mail

Last Updated on Wednesday, 03 May 2023 13:59 Written by Admin Penerbit Erlangga Thursday, 23 February 2023 14:31

Splash (Smart Path to Learning English) SMK/MAK Grade XII

(Rumpun Bisnis dan Manajemen, Pariwisata, serta Ekonomi dan Kreatif)

 

SPLASH (Smart Path to Learning English) SMK/MAK Grade XII consists of six language skills: listening, viewing, speaking, reading, writing, and representing. The features of the book are designed as follows.

  • Learning Objectives is based on the Merdeka curriculum.
  • Prologue summarizes language functions and themes that will be learned in the chapter.
  • Brainstorming is an activity to start the new material.
  • Listening Section is the skill exploring student’s ability to listen to the audio.
  • Reading Section is the skill exploring student’s ability to read every text or materials which include grammar and vocabulary matter.
  • Viewing Section is designed to explore student’s ability in absorbing the materials.
  • Speaking Section is the skill exploring student’s ability to speak English in the class.
  • Writing Section is the skill exploring student’s ability to write in English based on the theme given in each chapter.
  • Visual Representation Section are the skill exploring student’s ability to present visually.
  • For Your Information is a brief explanation about topics being learned.
  • Grammar Corner is a variety of materials covering grammar about the lesson.
  • Critical Thinking Tasks is activity to hone students' critical and logical thinking skills according to PISA questions.
  • Pancasila Profile Development is designed to dig up the characters of student based on Pancasila reflection.

Mini Project is designed to explore student’s ability to explore, interpret, and work on the assignment.

 

Spesifikasi

Kode buku: 005-420-047-0

Judul: Splash (Smart Path to Learning English) SMK/MAK Grade XII (Rumpun Bisnis dan Manajemen, Pariwisata, serta Ekonomi dan Kreatif)

Penerbit: Erlangga

Penulis: Anik Muslikah Indriastuti

Editor: Mustika Busana K dan Risanti Intan Al Baluni

Ukuran: 17,5 × 25 cm

Halaman: 200 Halaman 

 
 

Page 6 of 184


emir