BLUE GREY RED

      

Error
  • There is no category chosen or category doesn't contain any items

Tampilkan Musikalisasi Puisi, Seniman Reda Gaudiamo Apresiasi Pameran Seni Buat Anak Muda Indonesia

PDFPrintE-mail

 Tampilkan Musikalisasi Puisi, Seniman Reda Gaudiamo Apresiasi Pameran Seni Buat Anak Muda Indonesia 

 

Liputan6.com, Jakarta Seniman Reda Gaudiamo membawakan musikalisasi puisi dalam pembukaan Erlangga Art Awards 2023 di Museum Nasional Jakarta, Kamis (3/8/2023) dengan tema “Indonesia Maju Berkreasi.”

Usai tampil di panggung Erlangga Art Awards 2023, ia menjelaskan musikalisasi puisi adalah upaya mengenalkan puisi lewat musik karena banyak orang merasa terintimidasi saat membahas puisi.

Berbincang dengan Showbiz Liputan6.comseniman Reda Gaudiamo menyebut sebagian orang masih ragu baca puisi karena identik dengan kesan berat dan susah dipahami. Musikalisasi puisi diharapkan menjadi solusi.

Musikalisasi puisi mencoba mendekatkan. Menghilangkan kekhawatiran dan ketidaknyamanan. Jadi, kami yang bermain musik membacanya. Mencoba menemukan maknanya, mood-nya, diterjemahkan menjadi nyanyian,” kata Reda Gaudiamo.

 

Musikalisasi puisi adalah proses alih wahana. Perubahan bentuk dari puisi menjadi lagu dengan tetap setia pada puisi aslinya. Lagu mengikuti puisi. Dengan kata lain, puisi yang dilagukan tak boleh dipotong, dikurangi, maupun ditambah-tambahi. Tetap apa adanya.

“Setelah menjadi nyanyian, kami sangat berharap orang-orang lebih suka kepada puisinya. Lebih mau mendengarkan lagunya. Lewat mendengar lagunya, orang jadi penasaran itu tadi apa liriknya? Puisinya apa dan karya siapa sih,” paparnya panjang.

“Setelah penasaran, mereka jadi mau baca puisinya. Setelah itu, kalau sampai pada tahap suka puisi, tanpa lagu pun mereka akan suka pada puisi. Jadi ini sebenarnya upaya mendekatkan puisi kepada semua orang,” Reda Gaudiamo menyambung.

Pencetus musikalisasi puisi adalah seniman Sapardi Djoko Damono penulis Hujan Bulan Juni dan lain-lain. Sapardi Djoko Damono dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Fuad Hasan yang juga suka puisi, kala itu menggagas musikalisasi untuk mendekatkan karya sastra ke masyarakat.

Reda Gaudiamo mengaku senang bisa membawakan musikalisasi puisi dalam pembukaan Erlangga Art Awards 2023. Ia menyebut Erlangga Art Awards 2023 sebagai pameran seni sekaligus wadah bagi pelajar, mahasiswa, serta umum untuk menunjukkan bakat di bidang seni.


Sumber: Liputan6

Most Read Articles

emir