Teknik

PDFPrintE-mail

Peralatan Tegangan Tinggi ED.3

Peralatan Tegangan Tinggi Edisi Ketiga ini bertujuan memperkenalkan para pembaca kepada peralatan-peralatan tegangan tinggi yang dijumpai pada sistem tenaga listrik; terutama dari sisi konstruksi, prinsip kerja, karakeristik serta hal-hal yang membedakan peralatan tegangan tinggi tersebut dengan peralatan tegangan rendah. Buku ini juga menyajikan konsep dasar perencanaan untuk menentukan spesi_ kasi suatu peralatan untuk suatu keperluan tertentu dan konsep dasar perancangan isolasi peralatan tegangan tinggi. Dengan demikian, mahasiswa yang telah mempelajari buku ini dapat mengembangkannya lebih lanjut setelah bekerja di lapangan.

Peralatan Tegangan Tinggi Edisi Ketiga, adalah hasil penyempurnaan edisi kedua dari buku yang sama, yang telah dipergunakan sebagai buku acuan dalam perkuliahan yang berhubungan dengan teknik tegangan tinggi, khususnya dalam mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi. Buku ini telah disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Banyak perubahan dilakukan dalam edisi ketiga ini, agar lebih sistematis dan mudah dipahami. Di samping perbaikan dari materi-materi di edisi kedua, ada beberapa materi baru yang disajikan dalam edisi ketiga ini, yaitu tentang trafo ukur optik, pengukuran bobot polusi, sifat-sifat listrik hantaran udara dan kabel tegangan tinggi, perhitungan arus hubung-singkat, DCB (Disconnecting Circuit Breaker) dan hal-hal yang menyangkut pemutakhiran standar-standar yang dipergunakan.

 

PDFPrintE-mail

Logistik Maritim: Panduan Terkini Manajemen Shipping & Pelabuhan ED.2

Sebagai senjata utama dalam penilaiannya terhadap industri maritim, Logistik Maritim mencakup seluruh lingkup subjek dan meliput perkembangan logistik terbaru dalam industri pengiriman melalui kapal dan pelabuhan. Edisi baru ini telah sepenuhnya direvisi dan diperbaharui, dengan sejumlah kontributor internasional baru dan bab baru tentang logistik portsentris, logistik daratan pedalaman, rantai pasokan global, transportasi maritim, dan tren serta perkembangan di masa mendatang.

Ditulis oleh tim ahli internasional yang berpengalaman, Logistik Maritim memberikan perspektif global secara penuh. Buku ini mencakup semua hal yang perlu diketahui oleh mahasiswa dan mereka yang bekerja dalam industri logistik maritim. Di samping memberikan panduan komprehensif tentang logistik perusahaan-perusahaan pengiriman melalui kapal, logistik kontainer, logistik tanker, logistik curah kering, dan logistik portsentris, edisi ini membahas perkembangan logistik yang terbaru dalam industri pelabuhan dan pengiriman melalui kapal.

 
 

Ilustrasi Konstruksi Bangunan, Edisi Kelima

PDFPrintE-mail

Ilustrasi Konstruksi Bangunan adalah sumber acuan untuk jawaban pertanyaan mengenai konsep dasar yang menjadi landasan dari setiap proyek konstruksi. Dengan ilustrasi yang kaya dan pembahasan yang terperinci dari konsep bangunan, buku ini memberi Anda pengetahuan yang Anda butuhkan untuk berhasil dalam konstruksi bangunan tempat tinggal dan bangunan komersial, arsitektur, dan teknik struktural.

 
 

Ilustrasi Struktur Bangunan, Edisi Kedua

PDFPrintE-mail

Struktur merupakan elemen penting dari proses pembangunan, namun merupakan salah satu konsep yang paling sulit untuk dipahami bagi para arsitek. Meskipun insinyur struktural melakukan pekerjaan konsultasi terperinci untuk sebuah proyek, para arsitek harus memiliki cukup pengetahuan tentang teori dan analisis struktural untuk merancang sebuah bangunan. Ilustrasi Struktur Bangunan Edisi Kedua ini mengambil pendekatan unik dalam desain struktural, yang menunjukkan bagaimana sistem struktur bangunan—seperti rangkaian terintegrasi dari elemen-elemen dengan berbagai pola, proporsi, dan skala—terkait dengan aspek fundamental dari desain arsitektur.

 
 

PDFPrintE-mail

Ilustrasi Konstruksi Bangunan

 
 

PDFPrintE-mail

Aritektur Bentuk Ruang dan Tatanan

Edisi 3

 
 

PDFPrintE-mail

Teknologi Pengolahan Air Limbah

Teori dan Aplikasi

Masalah pencemaran lingkungan, khususnya pencemaran air di kota-kota besar di Indonesia, telah mencapai tingkatan yang memprihatinkan dan berdampak serius. Penyebabnya bukan hanya Industri yang begitu saja membuang air limbahnya ke sungai atau laut tanpa treatment apapun. Limbah domestik juga kian besar jumlahnya, sejalan dengan perkembangan kota dan pertumbuhan penduduk. Untuk mengatasinya dibutuhkan strategi yang jitu serta perlu juga dikembangkan  teknologi pengolahan air limbah yang disesuaikan dengan jenis limbahnya.

 
 

PDFPrintE-mail

Dasar-Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi

Untuk memperoleh suatu sistem tenaga listrik yang andal, maka setiap komponen yang membentuk sistem tersebut harus memiliki keandalan yang tinggi. Jaminan akan hal ini diperoleh dengan melakukan pengujian-pengujian terhadap komponen-komponen sistem sebelum terpasang, sesudah terpasang dan setelah beroperasi dalam suatu periode tertentu. Salah satu jenis pengujian yang harus dilakukan adalah pengujian tegangan tinggi. Pengujian tegangan tinggi juga dibutuhkan dalam rangka perancangan isolasi suatu peralatan listrik dan untuk meneliti sifat-sifat listrik suatu material isolasi. Dalam buku Dasar-Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi Edisi Ketiga ini dipaparkan jenis-jenis pengujian tegangan tinggi yang perlu dilakukan terhadap suatu peralatan listrik, peralatan yang dibutuhkan untuk pengujian tersebut, dan prosedur pada saat menguji suatu peralatan listrik dengan tegangan tinggi

 
 

PDFPrintE-mail

Komposisi Arsiteksur -  Apresiasi dan Analisis kasus di Indonesia

Buku Komposisi Arsitektur: Apresiasi dan Analisis Kasus di Indonesia ini merupakan himpunan penelitian dan pengalaman yang ditulis oleh seorang pelaku rancang bangun yang telah bekerja sebagai arsitek dan peneliti selama lebih dari 30 tahun.

Pada bagian pertama: komposisi, Penulis menyajikan proses penyusunan sebuah komposisi arsitektur dari berbagai komponen - komponennya, di antaranya bagaimana lokasi menjadi suatu bagian integral dari sebuah komposisi, bagaimana gagasan dan tujuan sebuah komposisi membentuk wujud komposisi tersebut, bagaimana seorang arsitek menyatukan bentuk dan struktur/konstruksi ke dalam sebuah komposisi, dan seterusnya

Pada bagian kedua: Komposisi Sebagai Karya Seni, penulis menjelaskan keberadaan komposisi arsitektur sebagai karya seni dan contoh-contoh kasus yang dapat ditemui di Indonesia

Buku ini ditujukan sebagai buku refrensi bagi mahasiswa fakultas teknik jurusan arsitektur yang sedang mengambil mata kuliah komposisi arsitektur, Buku ini juga tepat untuk dibaca oleh umum yang memiliki minat dalam bidang arsitektur karena banyak membahas sisi humanis dari sebuah arsitektur

 
 

Page 1 of 4


esis emir