Kompeten Berbahasa Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA/MA Kelas XI (KM Revisi)

Kompeten Berbahasa Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA/MA Kelas XI (KM Revisi)

Kompeten Berbahasa Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA/MA Kelas XI (KM Revisi)

Kompeten Berbahasa Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA/MA Kelas XI (KM Revisi)

18 Aug 2025

Spesifikasi

  • Kode buku: 0044900810

  • Judul: Kompeten Berbahasa Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA/MA Kelas XI (KM Revisi)

  • ISBN: 9786235225463

  • Penerbit: Erlangga

  • Penulis: Tim Edukatif

  • Editor: M. Baihaqi

  • Ukuran: 17.5 × 25 cm

  • Halaman: 232

Sinopsis:

Buku Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Tingkat Lanjut ini dirancang untuk memfasilitasi peserta didik agar memiliki kompetensi literasi sesuai dengan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Revisi. Buku ini dirancang untuk memfasilitasi peserta didik yang berminat untuk mempelajari bahasa Indonesia secara lebih komprehensif dan terfokus. Di dalam buku ini, tersaji model pembelajaran sederhana berbasis kegiatan untuk mengasah keterampilan berbahasa reseptif (menyimak, membaca, dan memirsa) serta keterampilan berbahasa produktif (berbicara, mempresentasikan, dan menulis).
Pada saat yang sama, peserta didik juga akan dipandu secara praktis dalam penguasaan beragam tipe teks, baik teks informasi maupun teks sastra, serta teks multimodal (lisan, tulis, visual, audio, dan audiovisual) yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendukung semua proses itu, buku ini dilengkapi fitur-fitur berikut.

  • Kegiatan Individu berupa aktivitas perseorangan untuk mengasah kompetensi berbahasa secara mandiri.
  • Kegiatan Kelompok berupa aktivitas untuk mengasah kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi melalui tugas-tugas kelompok.
  • Pojok Sastra dan Pojok Linguistik berupa ensiklopedia mini tentang sastra dan linguistik yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.
  • Lintas Media berupa media audio dan audiovisual yang dapat diakses melalui QR Code untuk memperoleh pengalaman menyimak dan memirsa secara autentik.
  • Rangkuman berupa kumpulan garis besar materi untuk membentuk memori jangka panjang peserta didik.
  • Latihan Soal Akhir Bab berupa soal pilihan ganda dan esai sebagai evaluasi yang sudah dilengkapi dengan soal berstandar higher order thinking skill (HOTS).
  • Soal Model AKM berupa soal-soal dengan karakteristik Asesmen Kompetensi Minimum, khususnya bagian literasi membaca, untuk mengenalkan konsep AKM kepada peserta didik.
  • Refleksi berupa tabel isian singkat sebagai bahan introspeksi peserta didik terhadap bab yang telah dipelajari.
  • Praprojek berupa tugas perencanaan kerja sistematis sebagai instrumen yang terintegrasi dengan penerapan Profil Pelajar Pancasila.


Tautan disalin
https://www.erlangga.co.id/buku-terbaru/0044900810